Lebih Kecil dari Indonesia, Ini 5 Negara Paling Makmur di Dunia

Oleh Liputan6.com pada 24 Apr 2018, 17:00 WIB
Diperbarui 26 Apr 2018, 16:13 WIB
Pulau yang Masih Jarang Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta - Kemakmuran suatu negara bisa diperoleh melalui sumber daya alamnya yang besar dan tersebar luas. Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Wilayah yang luas diserta dengan sumber daya alam yang melimpah mampu memberikan kontribusi pada negara kita.

Meski demikian, ada juga sejumlah negara yang lebih kecil dari Indonesia dengan minim kekayaan sumber daya alam, tetapi tetap makmur. Biasanya ada sumber daya alam yang khas dari negara tersebut namun mampu memberikan pertumbuhan yang pesat kepada para penduduknya.

Apa saja negara yang kecil namun makmur? Berikut ulasannya.

1. Tuvalu

Unik, Meski Kecil 5 Negara Ini Justru Terkenal Makmur
(Foto: TakePart)

Tuvalu terletak di wilayah Samudera Pasifik dan bertetangga dengan negara benua, Australia. Negara ini punya luas wilayah sebesar 26 kilometer persegi, dengan masyarakat berjumlah 10.000 jiwa. Yang uniknya lagi, Tuvalu hanya memiliki jalanan sepanjang delapan, punya satu rumah sakit yang terletak di pulau utama.

Negara ini dulunya merupakan bagian dari Inggris, dan merdeka pada 1978. Tingkat pariwisatanya sedikit lantaran tempat ini susah dijangkau. Pada 2010, negara ini didatangi kurang dari 2.000 orang. Para pelancong yang datang ke negara ini sebanyak 65 persen melakukan bisnis.

2 of 5

2. Liberland

Unik, Meski Kecil 5 Negara Ini Justru Terkenal Makmur
(Foto: theglobalmail.org)

Negara Liberland muncul berkat sekelompok orang yang memproklamirkan diri menjadi sebuah negara lengkap dengan bendera, konstitusi dan moto. Wilayahnya hanya seluas 7 kilometer persegi di antara Kroasia dan Serbia. Vit Jedlicka ditunjuk sebagai presiden untuk Liberland. Mereka pun mempunyai moto 'Untuk hidup dan membiarkan hidup'.

Negeri kecil itu secara resmi diproklamasikan pada 13 April 2015 dan pada 2 Mei 2015. Liberland akhirnya merayakan 'Hari Kebebasan' yang pertama.

Semboyan Liberland adalah 'Untuk Hidup dan Tetap Hidup" karena negeri ini mendedikasikan diri untuk kebebasan personal dan ekonomi bagi warganya yang dijamin konstitusi yang membatasi kekuasaan para politisi sehingga mereka tak bisa mencampuri terlalu banyak kebebasan negara Liberland," demikian keterangan dalam situs resmi Liberland.

Sesuai undang-undang dasar Liberland, semua orang bisa melamar menjadi warga negara, kecuali mereka memiliki masa lalu terkait dengan komunis, Nazi, kelompok ekstremis lainnya, dan memiliki catatan kejahatan.

3 of 5

3. Monako

Monako
Monako ialah negara kota berdaulat yang terletak di Cote d'Azur, Eropa Barat

Monako merupakan negara kedua terkecil di dunia. Terletak bersebelahan dengan Prancis, Monako merupakan rumahnya jutawan bahkan miliyuner dunia.

Negara kecil nan kaya ini menyumbangkan pendapatan per kapita terbesar sejagat, padahal luas wilayahnya hanya dua kilometer persegi. Kecil bukan?

Jika Las Vegas merupakan kota surga para penjudi, Monako adalah negara surga permainan peruntungan tersebut. Selain itu, Monako juga memiliki gedung-gedung mewah dan dipenuhi barang-barang mahal.

Penduduk Monako berjumlah 36.000 dan berbahasa Prancis. Negara ini juga terkenal dengan lintasan Formula 1 yang jalurnya melintasi jalanan kota.

4 of 5

4. Vatikan

Unik, Meski Kecil 5 Negara Ini Justru Terkenal Makmur
(Foto: hafermannreisen.de)

Vatikan menjadi negara religius yang terkecil di dunia. Luas wilayahnya tidak mencapai satu kilometer persegi. Vatikan sebenarnya hanyalah wilayah sebuah gereja terbesar di dunia, Gereja katolik Santo Peter Basilica. Walaupun kecil wilayahnya, negara ini merupakan pusatnya agama Katolik di dunia.

Masalah ekonomi di Vatikan perlu di pertimbangkan. Pasalnya, negara ini mendapat penghasilan dari penjualan kartu pos, buah tangan turis, dan museum, serta dari banyaknya umat Katolik yang melakukan perjalanan wisata rohani di sana.

5 of 5

5. Nauru

Nauru
Nauru (AFP)

Negara ini juga merupakan tetangga Negeri Kanguru, Australia. Memiliki wilayah sebesar 21 kilometer persegi, negara ini dijuluki sebagai negara diabetes tingkat dua terbesar di dunia.

Hal tersebut lantaran wanita dan pria di negara ini hampir semuanya mengalami obesitas. Presentasenya sebanyak 97 persen laki-laki dan 93 persen wanita.

Negara ini bisa saja menjadi surganya peselancar dunia lantaran pantainya yang indah dan ombaknya yang bergelung cantik. Penduduknya saja 40 persen adalah peselancar.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓