Sukses

Bikin Tercengang, Ini 7 Fakta Unik Operasi Plastik di Korea Selatan

Sering dengar operasi plastik di Korea Selatan? ini sejumlah fakta unik di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terlintas di benakmu jika membahas operasi plastik? Pembedahan ini sering dilakukan oleh banyak orang agar fitur wajah mereka menjadi lebih baik. Tentunya hasil dari operasi plastik dapat menambah rasa percaya diri karena kita bisa terlihat lebih cantik atau tampan.

Meski terdengar bagus, operasi plastik sendiri masih menjadi hal yang tak biasa dan sulit diterima oleh masyarakat kita, namun pandangan semacam itu jauh berbeda dengan Korea Selatan. KorSel malahan menganggap operasi plastik menjadi hal yang biasa dan tak perlu dipermalukan.

Hal tersebut dipandang bukan sebagai cara yang aneh bagi mereka. Malahan di KorSel juga sudah banyak klinik kecantikan yang menawarkan operasi plastik.

Tapi, apakah kamu pernah sadar mengapa operasi plastik di Korea Selatan sangat terkenal di dunia? Jika kamu penasaran, yuk simak penjelasan di bawah ini terkait tentang fakta-fakta mencengangkan dari operasi plastik di Korea Selatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Harga operasi plastik lebih murah

Harga operasi plastik di Korea Selatan terbilang lebih murah daripada Amerika Serikat. Di Korsel, kamu sudah bisa memiliki wajah yang sempurna hanya dengan membayar sekitar USD 2.000-3.000 atau sekitar Rp 27 Juta-37 Juta. Sedangkan di AS, kamu harus mengeluarkan biaya cukup besar sekitar USD 10.000 atau sekitar Rp 137 Juta.

Selain itu, lokasinya juga lebih dekat daripada harus pergi ke AS. Dan kamu bisa menemukan klinik operasi plastik dengan mudah. Jadi, tak salah kan jika banyak yang ingin melakukan operasi plastik di Korsel.

3 dari 8 halaman

2. Orangtua izinkan anak lakukan operasi plastik

Beberapa orangtua ingin anaknya tampil rupawan. Inilah yang menjadi alasan mengapa tidak sedikit orangtua di Korea menyuruh anak mereka untuk melakukan operasi plastik. Sebanyak 25 persen ibu-ibu di Korea Selatan menyuruh anaknya yang masih berumur 1216 tahun untuk operasi plastik.

Bahkan operasi plastik juga sering dijadikan hadiah kelulusan seorang anak perempuan, maupun hadiah ulang tahun anak mereka yang ke-17. Karena remaja di Korea lebih senang dapat hadiah operasi plastik daripada diberikan mobil.

4 dari 8 halaman

3. Pria di Korea Selatan ikut lakukan operasi plastik

Di Korea, operasi plastik yang semakin umum dan populer. Bahkan sampai ada klinik operasi plastik khusus pria. Karena 40 pria pengunjung klinik operasi plastik adalah pria.

Rata-rata pria Korea Selatan mengoperasi bagian mata agar menjadi lebih besar. Ada juga pria yang operasi plastik untuk mengecilkan dada.

5 dari 8 halaman

4. Hasil operasi plastik punya standar yang sama

Dalam operasi plastik Korea ada sebuah istilah yang dikenal dengan nama "The Basics" atau "Operasi Dasar". Istilah operasi plastik ini mengacu ke operasi plastik untuk menciptakan kelopak mata ganda dan operasi hidung agar lebih panjang serta pipih.

Alasan mengapa operasi ini dikenal dengan nama "The Basics" adalah karena ini adalah operasi paling banyak dilakukan saat operasi plastik. Uniknya, semua orang di Korea menginginkan penampilan yang sama: Kulit yang cerah, hidung mungil, mata belo dengan kelopak mata ganda, dan muka kecil dengan rahang dan dagu yang membentuk huruf 'V'.

6 dari 8 halaman

5. Setiap pelanggan operasi plastik harus siap menanggung malu

Semua operasi plastik pasti akan mengalami kegagalan. Kebanyakan wanita maupun pria akan mengalami kecacatan permanen maupun kelumpuhan usai operasi dilakukan.

Namun hal itu tidak dikhawatirkan oleh wanita di Korea. Menurut mereka, cantik itu pasti akan merasakan sakit terlebih dahulu.

7 dari 8 halaman

6. Korea Selatan lakukan bebas pajak bagi turis yang ingin oplas

Korea Selatan memberlakukan membebaskan pajak saat turis ingin melakukan operasi plastik di Korea Selatan, di mana agar bisa bebas pajak, mereka harus menunjukkan bukti atau kuitansi operasi plastik yang dilakukan sebelum kembali ke negara asal.

Sementara itu, Menteri Keuangan Korea Selatan Choi Kyung Hwan sendiri mengungkapkan bahwa industri operasi plastik menjadi industri potensial dan dapat diekspor.

8 dari 8 halaman

7. Kemajuan teknologi

Seorang dokter di Korea Selatan disebutkan dapat secara resmi diperbolehkan berganti bidang ke bidang operasi plastik. Inilah yang menjadikan alasan mengapa dokter-dokter Korea disebut sangat ahli dan memiliki alasan belajar ke teknologi-teknologi terbaru pada bidangnya.

Dokter-dokter ahli operasi plastik juga dikabarkan masih kurang, karena banyaknya permintaan operasi plastik di sana.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.