Sukses

Lebih Panas dari Indonesia, Ini 5 Negara dengan Suhu Paling Ekstrem

Sejumlah negara ini memiliki suhu yang lebih tinggi dan ekstrem dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai negara tropis dan dilewati garis khatulistiwa, Indonesia terkenal memiliki suhu udara yang panas.

Wajar saja jika bagi sebagian besar warga negara asing yang pergi ke Indonesia, harus menyesuaikan diri dengan suhu panas dan teriknya matahari di Indonesia.

Meski begitu, Indonesia bukan hanya negara yang mengalami suhu panas semacam ini. Ada negara lain yang justru memiliki suhu yang lebih tinggi berkali-kali lipat dari Indonesia.

Negara apa saja yang memiliki suhu panas yang ekstrem? Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mali, Afrika Utara

Sekitar 15 juta jiwa di Mali harus merasakan cuaca panas dengan suhu mencapai 54,5 derajat Celsius. Kota kuno ini terletak di persimpangan di rute perdagangan kuno Gurun Sahara.

Untungnya, Mali dialiri sungai besar, yaitu Sungai Niger. Warga biasa menggunakan air sebagai alat untuk mendinginkan tubuh.

3 dari 6 halaman

2. Rubal Khali, Semenanjung Arabia

Rub'al Khali adalah padang pasir terbesar di dunia, meliputi sepertiga wilayah semenanjung Arab, kawasan yang mencakup Saudi Arabia, Oman, Yaman, dan Uni Emirat Arab. Suhu tertingginya pernah mencapai 56,1 derajat Celsius.

Karena temperatur yang tinggi, manusia tidak mungkin menyeberangi gurun ini tanpa menggunakan alas kaki.

4 dari 6 halaman

3. Dasht-e Lut, Iran

Dasht-e Lut atau dikenal sebagai Gurun Lut, memiliki suhu yang sangat panas. Saat 2005, Gurun Lut menjadi daratan terpanas di Bumi dengan suhu panas 70 derajat Celsius.

Yang lebih uniknya lagi, menurut salah satu penelitian menemukan bahwa di Gurun Lut, susu tidak dapat basi karena bakteri tidak mungkin dapat hidup dalam panas yang berlebih. Gurun Lut sendiri merupakan rumah bagi beberapa piramida pasir tertinggi di dunia.

5 dari 6 halaman

4. Flaming Mountain (Huo Yan Shan), Tiongkok

Tidak hanya terkenal dengan seekor panda dan tirai bambu, Tiongkok juga memiliki wilayah terpanas di dunia. Flaming Mountain atau Gaochang Mountain terletak di Pegunungan Tian Shan, Xinjiang, Tiongkok. Meskipun dinamakan pegunungan, suhu panas di tempat ini terbilang tinggi.

Pada tahun 2008, satelit NASA mencatatkan salah satu temperatur terpanas di dunia, yakni 80 derajat Celsius dan itu adalah di Flaming Mountain.

6 dari 6 halaman

5. Death Valley, Amerika Utara

Death Valley atau Lembah Kematian terletak di Gurun Mojave, California. Lembah ini adalah kawasan terkering, terpanas, dan terendah di Amerika Utara. Suhunya pernah mencapai 57 derajat Celsius.

Pengukuran suhu pada Death Valley dilakukan dengan termometer di tanah. Beberapa orang berpendapat bahwa temperatur di Gurun Lut dan Flaming Mountain tidak valid. Ini menyebabkan Death Valley sering disebut sebagai tempat terpanas di dunia.

Reporter:

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.