Punya Kekayaan Triliunan, 5 Orang Ini Justru Terapkan Gaya Hidup Sederhana

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 19 Apr 2018, 11:13 WIB
Ingvar Kamprad

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang pastinya ingin memiliki kekayaan dalam kehidupan mereka. Tak sedikit orang percaya bahwa punya banyak uang dapat mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Biasanya ada sejumlah anggapan bahwa orang yang kaya, taraf hidupnya menjadi lebih menigkat.

Pakaian bermerek, rumah mewah hingga mobil bagus pastinya tak jauh dari kehidupan orang kaya, apalagi penghasilan mereka lebih dari triliunan. Meski begitu, ada sejumlah tokoh yang bergelimang harta namun kehidupan mereka malah lebih sederhana dari orang-orang biasa.

Siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber berikut merupakan orang-orang kaya yang memiliki gaya hidup sederhana.

 

 

2 dari 6 halaman

1. Azim Premji

Azim Premji
(Foto: Hindustan Times) Azim Premji

Salah satu orang terkaya India dan bos dari Wipro Ltd, Azim Premji, selalu mengendari mobil bekas dalam setiap aktivitasnya. Azim juga selalu mengingatkan pegawainya untuk mematikan lampu kantor.

Azim saat ini tercatat memiliki kekayaan mencapai USD 18.7 miliar atau setara Rp 257 triliun. Meski punya kekayaan besar, Azim tak malu untuk pulang menggunakan bajaj.

Selain hal di atas, Azim juga sangat peduli pada penggunaan tisu toilet. Dia sangat mengawasi penggunaan tisu toilet ini agar tidak berlebihan.

3 dari 6 halaman

2. Charlie Ergen

Charlie Ergen
(Foto: Reuters) Charlie Ergen

Bos dari Dish Network, Charlie Ergen selalu membawa bekal kotak makan siang. Hebatnya hal ini selalu dilakukannya setiap hari tanpa terlewat satu hari pun.

Pria 65 tahun ini memiliki kekayaan sekitar USD 12.3 miliar atau setara Rp 169 triliun. Kebiasaan membawa bekal ini didapat sejak kecil. Sebab, keluarganya hidup dalam kemiskinan pada era krisis ekonomi.

Kotak makan siangnya selalu berisi roti isi dan gatorade. Dia menyiapkan ini sendiri. Saat melakukan perjalanan bisnis pun, dia berhemat dengan memesan satu kamar untuk dua orang.

4 dari 6 halaman

3. Judy Faulkner

Judy Faulkner
(Foto: Madison.com) Judy Faulkner

Pendiri Epic Systems, Judy Faulkner mengatakan tidak pernah tertarik untuk hidup boros laiknya orang kaya umumnya. Pendiri perusahaan bidang teknologi kesehatan ini memiliki kekayaan sekitar USD 3,5 miliar atau setara Rp 48 triliun.

Meski kaya raya, Judy hidup dalam kondisi prihatin. Bersama suaminya, dia tinggal di daerah pinggiran hampir 30 tahun dan hanya memiliki dua mobil dalam 15 tahun terakhir.

Judy juga telah berkomitmen untuk menyumbangkan setengah dari pendapatannya untuk amal.

5 dari 6 halaman

4. Jim Walton

Jim walton (Sumber foto: NY Daily News)
Jim walton (Sumber foto: NY Daily News)

Seorang CEO Arvest Bank Group sekaligus anak bungsu dari Sam Walton, pendiri Walmart, sebuah perusahaan ritel terbesar di dunia memiliki kekayaan USD 41,2 miliar atau Rp 567 triliun.

Pria berkacamata ini hidup dengan filosofi yang dianut ayahnya yaitu, harus tetap rendah hati dan berhemat sebanyak apapun uang yang dimiliki.

6 dari 6 halaman

5. Carlos Slim Helu

Carlos Slim
Carlos Slim Helu mengendarai sendiri mobilnya, tanpa sopir pribadi.

Dibanding menghambur-hamburkan hartanya, pria terkaya asal Meksiko ini lebih senang menggunakan uangnya untuk berinvestasi. Kekayaan, menurut dia, seperti kebun buah, 'menumbuhkannya, membesarkannya, atau memperluasnya'.

Tak seperti kebanyakan orang kaya lainnya, Carlos tidak hidup dengan jet atau kapal pesiar pribadi. Bahkan, saat berpergian Carlos yang memiliki kekayaan mencapai USD 20.5 miliar atau setara Rp 282 triliun ini masih menggunakan mobil lamanya.

Pengusaha ini tetap tinggal di rumah yang sama lebih dari 40 tahun. Rumah dengan 6 kamar ini menjadi lokasi dia berbagi kebahagiaan dengan anak-anak dan cucunya.

Reporter

Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Terekam Kamera, Kawanan Perampok Sekap Wanita Tua di Kamar