Kamu Calon Mahasiswa Magang? Wajib Persiapkan 4 Hal ini

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2018, 07:00 WIB
Kamu Calon Anak Magang? Wajib Persiapkan 4 Hal ini

Liputan6.com, Jakarta Magang merupakan syarat utama untuk melalui proses pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melaksanakan program magang di suatu perusahaan sebelum mendapatkan gelarnya. Tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi menjadikan proses magang menjadi sangat penting untuk masa depan.

Ketika magang, kinerja dan attitude mu memegang peranan penting untuk mengarahkanmu ke pekerjaan impian setelah lulus kuliah. Sebelum menghadapinya, pelajari dulu hal-hal berikut ini agar lebih siap.

Ini Tanda Tubuh Kelebihan Garam
2 of 3

1. Ketepatan Waktu

1. Ketepatan Waktu
Tepat waktu mencerminkan pribadi yang disiplin (Sumber foto: huffingtonpost.com)

Tidak hanya sekedar rajin hadir, tapi juga tepat waktu. Menjadi anak magang berarti kamu harus belajar tanggung jawab yang akan jadi bekalmu di dunia kerja sebenarnya. Mentor tentu akan memperhatikan faktor ini guna menilai kedisiplinan diri. Jika memang ada kemungkinan tidak bisa hadir, berikan keterangan pada mentor sehari sebelumnya.

2. Siap Kerja Keras

Dimana pun dan kapan pun. Apa saja yang menjadi tugasmu di kantor, lakukan dengan baik, sekecil apapun. Seperti halnya fotokopi, print ini-itu, dan sebagainya. Pekerjaan besar atau kecil tetap harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh untuk menunjukkan dedikasi tinggi bagi perusahaan.

3 of 3

3. Sigap Menolong

Jangan pernah segan untuk menawarkan bantuan tanpa diminta. Meskipun itu bukan tugasmu, Orang akan sangat senang dan terbuka untuk menerima bantuanmu. Jadilah sosok yang sigap menolong agar orang tidak segan padamu. Dan biasanya akan membuka peluang kamu untuk mengenal lebih banyak orang.

4. Penampilan

Jangan lupa berpakaian yang sesuai dengan budaya kantor. Cari tahu apakah harus formal atau boleh santai, yang penting sopan. Karena penampilan merupakan cerminan dari kepribadian, maka usahakan untuk selalu berpenampilan rapi saat magang.

Manfaatkan kesempatan magang untuk menambah pengalaman yang akan membawamu menuju dunia kerja. Magang adalah waktu yang tepat untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya tentang apa yang ingin kamu ketahui. Tingkatkan rasa ingin tahumu dan jangan malas untuk bertanya.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓