Sukses

4 Penjelasan Ilmiah Kebiasaan Kaki Tak Bisa Diam Saat Duduk

Ternyata ada empat alasan ilmiah yang melatarbelakangi mengapa kaki kita tak bisa diam saat duduk.

Liputan6.com, Jakarta - Sering menggerakan kaki saat sedang duduk? Jika iya, pastinya hal tersebut kamu lakukan secara tak sengaja. Sejumlah orang malahan merasa bahwa aksi itu terjadi karena dorongan dari tubuh untuk melakukannya.

Biasanya saat kita duduk, kaki secara tak sadar bergerak sendiri atau menghentak ke lantai. Tindakan itu juga bisa menjadi pertanda bahwa emosimu sedang resah, cemas, atau tak sabar menunggu sesuatu.

Ternyata ada alasan lain, mengapa kita bisa menggerakan kaki ketika saat duduk. Berikut empat alasan ilmiah mengapa seseorang menggerakan kaki ketika sedang duduk.

1. Restless leg syndrome 

Posisi Duduk di Pesawat Tentukan Karakter Anda (Pressmaster/Shutterstock)

Ada kemungkinan orang tersebut menderita restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah. Namun bedanya, jika penderita sindrom ini orangnya akan sangat sulit menghentikan gerakkan kaki yang secara tak sadar dilakukan.

Jika seseorang bisa menghentikan gerakan kaki gelisahnya saat duduk, berarti ia belum sampai tahap menderita sindrom tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Penggunaan analeptics

Orang yang kerap mengonsumsi analeptics atau stimulan macam nikotin atau kafein. Efek dari stimulan tersebut akan menyebabkan gerakan-gerakan pada kaki secara tak sadar.

3. Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Ini Posisi Duduk yang Benar Saat di Depan Komputer

Penderita ADHD cenderung tidak tahan untuk berdiam diri. Ia akan selalu melakukan sesuatu saat berdiam diri, termasuk menggerakkan kaki pada saat duduk. 

3 dari 3 halaman

4. Kebelet buang air

Nah, kalau ini pasti banyak dan sering mengalami, kan? Ketika ada hasrat ingin buang air kecil maupun besar, pasti seseorang akan merasa gelisah. Salah satu cara menunjukkan kegelisahannya adalah dengan menggerak-gerakkan kakinya saat duduk.

Reporter:

Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.