Sukses

Urai Kepadatan di Stasiun Duri, Begini Jurus PT KCI

Begini jurus jitu PT KCI urai kepadatan di Stasiun Duri.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Duri yang melayani pengguna kereta lintas Tangerang ke Jakarta menjadi sorotan banyak pihak. Khusunya situasi Stasiun Duri yang cukup padat saat jam pulang, antara pukul 17.00 sampai 19.00 WIB.

Banyak pengguna KRL yang mengeluhkan padatannya Stasiun Duri semakin diperparah dengan berkurangnya jumlah KRL yang melintas di stasiun tersebut. Ini terjadi akibat bertambahnya perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta.

Untuk mengurai padatnya penumpang, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang ditugaskan menjadi operator sarana KRL telah melakukan langkah-langkah khusus.

"Sejumlah langkah yang telah dilakukan diantaranya memberlakukan crossing dua arah di Stasiun Duri untuk penumpang berpindah peron dari peron 5 menuju peron 1 dan sebaliknya sementara pembuatan dua tangga manual masih dalam proses pengerjaan," kata Eva Chairunisa, VP Komunikasi Perusahaan PT KCI melalui siaran pers.

Ia menambahkan, di sisi lain yang dapat dilakukan PT KCI selaku operator yakni terkait kapasitas angkut dengan berupaya tetap menjaga hal tersebut dengan mengganti dua rangkaian formasi 10 kereta dengan yang lebih panjang menjadi formasi 12 kereta.

"Pantauan alur penumpang di Stasiun Duri berdasarkan evaluasi dari 26 Maret sampai 11 April 2018 khususnya peron 5, penumpang juga sudah mulai beradaptasi dengan perubahan alur tersebut," lanjut Eva.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Berupaya Tingkatkan Kapasitas

Melalui siaran persnya, PT KCI melampirkan data laporan situasi penumpang peak hour pagi hari Kamis, (12/4/2018), mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Dalam laporan situasi tersebut, sejumlah kereta delapan dan 12 gerbong mengangkut semua penumpang di Stasiun Duri.

"Adapun penumpang-penumpang yang tidak terangkut karena datang dalam rentang waktu yang sempit saat KRL tiba di stasiun akan terangkut krl selanjutnya," sambung Eva.

"PT KCI terus berkomitmen melakukan peningkatan kapasitas angkut di tengah kondisi infrastruktur yang masih dalam proses pembangunan oleh pemerintah, juga mengajak pengguna jasa untuk dapat bekerjasama dengan melakukan pengaturan keberangkatannya di jam sibuk. PT KCI juga menghimbau para pengguna untuk tetap memperhatikan keselamatan dan keamanan dengan tidak memaksakan diri untuk masuk apabila kondisi krl sangat padat dan menunggu kedatangan KRL selanjutnya," kata Eva Chairunisa memungkasi.

Penulis:

Tommy Hutomo

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan mengirimkan artikel unik dan terkini melalui email Forum@liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.