Sukses

Soal Matematika Sulit, Begini Keluh Kesah Peserta UNBK ke Kemendikbud

Liputan6.com, Jakarta - Matematika memang menjadi salah satu pelajaran yang dimusuhi segelintir orang. Karena sering dianggap sulit dan membingungkan, tak sedikit orang akhirnya memasukkan matematika sebagai daftar pelajaran yang paling dibenci.

Apalagi ketika ujian nasional, ujian matematika selalu menjadi momen yang menegangkan bagi banyak siswa. Dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 kali ini, ada momen unik di mana banyak siswa beraspirasi secara aktif mengeluhkan keluh-kesah mereka.

Kebanyakan siswa merasa soal matematika dianggap sulit dan keluar dari kisi-kisi yang telah mereka pelajari. Para peserta UNBK mengeluhkan kekecewaan mereka melalui Instagram resmi milik Kemendikbud.

Sebagian mengeluarkan unek-unek mereka karena soal ujian terlampau jauh dari yang mereka pelajari. Namun, ada juga beberapa celetukan peserta yang justru membuat kita tertawa.

Berikut ini merupakan komentar para peserta UNBK yang mengeluhkan soal matematika pada Kemendikbud.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Ujiannya cuman klik-klik doang katanya

3 dari 6 halaman

2. Ada remedial?

4 dari 6 halaman

3. Ujiannya klik-klik kaya main Zuma

5 dari 6 halaman

4. Waduh giveaway nilai

6 dari 6 halaman

5. Daripada pilih fisika mending pilih mana ya?

Menanggapi keluh kesah para peserta, pihak Kemendikbud memberikan respons mereka melalui Instagram.

"Terima kasih kepada Sahabat Edukasi yang telah menyampaikan masukan, kritikan, dan saran perihal soal UN Matematika jenjang SMA," tulis pihak Kemendikbud pada akun Instagram, Rabu (11/4/2018).

Meski demikian, masih banyak peserta merasa kecewa dan mengungkapkan kekesalan mereka kepada pihak Kemendikbud.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.