Sukses

Tak Perlu ke Gym, 8 Tanda Ini Tunjukkan Anda Punya Tubuh yang Bugar

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah seseorang kurang berolahraga atau bugar tidaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa orang menghabiskan banyak uang setiap bulan untuk membayar biaya keanggotan di pusat kebugaran. Pada kenyataannya, tubuh yang sehat dan bugar dapat menunjang aktivitas Anda.

Akan tetapi, ada cara sederhana untuk mengetahui apakah seseorang kurang berolahraga atau bugar. Melansir dari Bright Side, berikut tanda-tanda tersebut.

1. Rambut dan kuku

Perhatikan kondisi rambut dan kuku Anda untuk mengetahui apakah Anda bugar atau tidak. Hal-hal yang perlu diperhatikan dengan rambut adalah apakah rambut Anda bercabang, rapuh, kulit kepala kering, mudah rontok.

Sementara untuk kuku, pertanda Anda dalam kondisi yang tidak bugar adalah rapuh, mudah patah (karena kurang asupan air), dan pucat. Bila tanda-tanda yang disebutkan di atas tidak terlihat, berarti tubuh Anda berada dalam kondisi yang bagus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Mata

Cara mudah untuk melihat apakah Anda memiliki masalah di hati, ginjal, atau bahkan penyakit di pembuluh darah adalah dengan melihat warna putih di mata Anda. Apabila tidak ada kemerahan atau mata kering, warnanya putih cerah, serta pembuluh darah tak terlihat, berarti Anda berada dalam kondisi yang bagus.

3. Bentuk tubuh yang simetris

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Apabila tubuh Anda simetri, seimbang di kiri dan kanan, ini menunjukkan semua bagian tubuh berkembang dengan cara yang benar. Jika tidak simetris, itu bisa menunjukkan masalah dengan fungsi otot dan dapat makin memperparah tulang belakang Anda.

 

3 dari 4 halaman

4. Pencernaan dan urin

Hal yang pertama yang harus diperiksa untuk mengetahui kesehatan usus Anda adalah memeriksa apa yang Anda keluarkan saat di toilet. Bila Anda pergi ke toilet beberapa kali sehari dan kotoran Anda tidak terlalu keras atau lembek, berarti tubuh Anda sehat.

Selain itu, bila warna urin Anda berwarna lebih gelap dari biasanya, itu dapat menjadi pertanda berbagai masalah dengan kesehatan.

5. Pola tidur

Tidur adalah saat ketika tubuh Anda paling banyak beristirahat. Tidur Anda sehat dan berkualitas jika: Anda tertidur dalam waktu kurang dari 20 menit, tidur setidaknya 6-10 jam, tidak sering terbangun di tengah malam, bertenaga di siang hari.

Tidur yang sehat sangat penting untuk kesehatan. Jika Anda tak cukup istirahat, metabolisme Anda akan ikut bermasalah.

 

4 dari 4 halaman

6. Fleksibilitas tubuh

Ada cara sederhana untuk mengetahui apakah tubuh Anda memiliki mobilitas dan fleksibilitas yang baik. Caranya, duduklah dengan punggung lurus, sementara kaki diselonjorkan ke depan. Cobalah membungkuk dan pegang ujung jari.

Jika Anda dapat menjangkau jari-jari di kaki dengan mudah, berarti Anda memiliki fleksibilitas dan mobilitas yang baik. Jika tidak, Anda mungkin memiliki beberapa masalah harmstring atau mobilitas punggung bawah. Ini berarti Anda perlu lebih banyak berolahraga.

7. Sirkulasi darah yang baik

Sirkulasi darah yang baik sangat penting untuk tubuh. Dengan demikian, berarti tubuh mendapat asupan oksigen dari darah dengan baik, jantung pun sehat. Anda harus waspada bila sering sakit kepala, mati rasa, atau kram otot.

8. Kejiwaan

Indikasi penting lainnya adalah bagaimana kondisi kejiwaan Anda. Apabila Anda sedang berjuang neurosis dan depresi, itu pertanda kondisi tubuh Anda tidak bugar. Berolahraga pada kenyataannya dapat memperbaiki mood.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.