Sukses

Viral, Ilusi Optik Menakjubkan Ini Akan Mengacaukan Matamu

Gambar warna-warni dengan titik hitam di tengah ini ternyata adalah ilusi optik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar menjadi viral di dunia maya. Gambar warna-warni dengan titik hitam di tengah itu ternyata adalah ilusi optik. 

Gambar ilusi ini diunggah ke Reddit pada 10 April 2018. Sejak itu, gambar ini menjadi viral dan mendapat berbagai komentar karena hasilnya yang membuat warganet takjub.

Permainan ilusi optik ini mudah. Perhatikan gambar di atas. Anda hanya perlu melihat titik hitam di tengah gambar warna-warni itu selama 10-20 detik. Tapi, harus fokus ya.

Anda akan bisa melihat bagaimana warna-warni itu perlahan-lahan hilang. Pixel demi pixel, hingga kemudian hanya tersisa warna putih.

Aneh dan keren, bagaimana hal itu bisa terjadi?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah dan penjelasannya

Tentu saja, fenomena ini memiliki nama dan penjelasan. Namanya efek Troxler atau biasa disebut juga Troxler's fading. Nama itu diambil dari seorang dokter dan filsuf yang hidup di abad 19 asal Swiss, Ignaz Paul Vital Troxler.

Tahun 1804, Troxler menemukan bahwa ketika dia memfokuskan matanya kepada satu titik, elemen-elemen lain dalam cakupan pandangannya perlahan mulai menghilang atau memudar.

Untuk memahami mengapa hal itu bisa terjadi, Anda harus memahami yang namanya saccade. Ini adalah gerakan kecil dan cepat yang dibuat mata manusia, meskipun mata itu tampak sedang fokus melihat sesuatu.

Gerakan cepat pada mata itu memungkinkan retina--yang dipenuhi sel yang peka cahaya--melakukan 'scan' terhadap cakupan pandangan mata dengan resolusi tertinggi.

Namun, ketika retina difokuskan pada satu titik (seperti titik hitam), sel peka cahaya pada retina jadi terbiasa dengan scene yang tak berubah. Dan secara bertahap, sel-sel ini menjadi peka pada stimulus.

Tanpa Anda sadari, stimulus itu perlahan akan memudar dan 'mengambil' gambar latar sebagai gantinya. Dalam ilmu saraf, konsep ini dikenal dengan 'filling-in'.

Anda belum paham juga? Keberadaan hidung di mata Anda bisa menjadi cara mudah untuk memahami konsep filling-in ini.

Anda pasti jarang menyadari keberadaan hidung, meskipun indera pencium itu 'berdiri' tegak di depan mata Anda setiap menit. Kecuali Anda, sedang benar-benar fokus melihatnya, hidung Anda seolah-olah hilang atau memudar.

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini