Selain Bebas Biaya Kuliah, Berikut 5 Keuntungan Mendapat Beasiswa

Oleh Liputan6.com pada 11 Apr 2018, 07:00 WIB
Selain Bebas Biaya Kuliah, Berikut 5 Keuntungan Mendapat Beasiswa

Liputan6.com, Jakarta Biaya kuliah yang semakin tinggi membuat banyak calon mahasiswa berfikir bagaimana cara untuk membantu orang tua agar bisa meringankan beban biaya kuliah kita. Berhasil mendapatkan beasiswa tentu menjadi harapan banyak orang. Namun cara untuk mendapatkannya tidak mudah, kita harus melewati seleksi dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Tujuan pemberian beasiswa adalah untuk membantu para pelajar atau mahasiswa agar mereka bisa mencari ilmu sesuai dengan bidang yang ingin mereka kuasai, terutama bagi yang mempunyai masalah dalam hal pembiayaan.

Beasiswa tidak selalu ditujukan kepada yang kurang mampu saja. Hampir sebagian besar beasiswa ditujukan untuk semua orang yang memang mampu memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Selain mendapat bantuan biaya, ini 5 keuntungan lainnya saat kamu mendapatkan beasiswa kuliah.

2 of 4

1. Motivasi Diri untuk Belajar Lebih Giat

1. Motivasi Diri Untuk Belajar Lebih Giat
Mendapat beasiswa membuat kita termotivasi untuk terus belajar (Sumber foto: universitypointed.com)

Suatu kebanggaan mendapat beasiswa pendidikan, perjuanganmu tentu tidak hanya sampai disitu. Kamu harus lebih giat belajar untuk membuka peluang prestasi selanjutnya, dan mempertahankan prestasi yang sudah kamu raih saat ini.

2. Pengeluaran Perkuliahan Lebih Ringan

Beruntung  untuk kamu yang berhasil mendapatkan beasiswa penuh, karena uang yang kamu dapatkan dari beasiswa dapat juga digunakan untuk hal lain yang bermanfaat. Seperti misalnya membeli buku, ikut kursus atau bahkan sekadar membeli makanan.

3 of 4

3. Pertemanan yang Luas

Peluang untuk mempunyai jaringan yang lebih luas. Biasanya, para penerima beasiswa dalam program yang sama akan saling bertemu. Penerima beasiswa ini tentunya berasal dari berbagai macam latar belakang bahkan kewarganegaraan, jika kamu menerima beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Tentu hal ini akan membuat jaringan pertemananmu semakin luas. Jaringan pertemanan yang luas akan mengubah cara berpikirmu menjadi lebih terbuka.

4. Menjadi Motivator untuk Pencari Beasiswa

Menjadi motivator bagi para pelajar lain yang juga mempunyai cita-cita untuk mendapatkan beasiswa tentu akan menjadi pengalaman yang berharga. Semua usaha kerja kerasmu, pengalaman, serta hasil yang telah kamu dapatkan bisa digunakan sebagai motivasi bagi orang lain. Tidak menutup kemungkinan kamu juga akan diundang di berbagai acara pameran beasiswa atau seminar yang di adakan di kampus sebagai pembicara. Secara tidak langsung kamu sudah membantu orang lain.

4 of 4

5. Peluang kerja lebih besar

Sebagai penerima beasiswa, tentunya kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan dibandingkan lulusan lain. Perusahaan akan lebih percaya karena penerima beasiswa pasti telah berhasil lolos melewati tahapan-tahapan seleksi yang sulit.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap