Sukses

Pasangan Mulai Berubah? Coba Lakukan 4 Hal Ini

Terkadang seseorang yang kita sayang berubah tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, lalu bagaimana cara menyikapinya?

Liputan6.com, Jakarta Setiap manusia pasti menjalani proses perubahan dalam hidupnya. Tapi apa jadinya jika hal itu terjadi pada orang yang kita cintai? Seseorang yang kita kenal baik, tiba-tiba berubah menjadi orang yang sangat asing. lalu bagaimana cara meyikapinya?

1. Cari tahu penyebabnya

Menerima perubahan orang lain terkadang tidaklah mudah. Apalagi jika sikapnya terhadap kamu berubah 180 derajat. Tapi kamu harus tetap berpikir jernih dan positif. Segala sesuatu pasti ada penyebabnya. Dengan mencari tahu penyebabnya, setidaknya kamu bisa mengerti alasan pasanganmu berubah. Lalu kamu bisa menyesuaikan sikap kamu dengan lebih mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Ungkapkan perasaan kamu

Ketika pasanganmu berubah, hubungan kamu pasti menjadi canggung dan tidak nyaman. Kamu akan bertanya-tanya kenapa pasangan kamu berubah. Sebaiknya ungkapkan perasaan kamu secara langsung untuk bicara dari hati ke hati. Bersikap terbuka juga akan membantu kamu untuk menerima perubahan dirinya.

3. Bercermin pada diri sendiri

Jangan hanya kamu yang mengira jika pasangan berubah, tanyakan pada diri sendiri, apakah hanya dia saja yang berubah? Jangan-jangan dia berubah karena melihat kamu berubah? Sering kali kamu tidak sadar bahwa sebenarnya kamu mengalami perubahan. Apalagi jika kamu memiliki kesibukan setiap harinya.

Bukankah hal yang wajar jika setiap orang berubah? Jika kamu berubah, dan pasangan ikut berubah, sudah saatnya bicarakan hal ini dengan pasangan. Ungkapkan apa yang membuat kamu tidak nyaman, pasangan pun tak segan untuk mengungkapkan apa yang membuat ia berubah.

3 dari 3 halaman

4. Berikan waktu untuk pasangan

Jika pasangan berubah, coba berikan dia sedikit ruang. Saat orang yang kamu cintai tiba-tiba berubah, mungkin yang Ia butuhkan adalah lebih banyak waktu agar ia tetap tidak kehilangan jati dirinya sendiri. Mungkin ia sedang berproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik melalui perubahan tersebut. Tapi, jangan juga membiarkan masalah ini terlalu lama. Cari waktu yang tepat untuk mendiskusikan hal ini setelah kamu merasa cukup memberinya waktu.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.