UNBK Hari Pertama, Ini Kendala Siswa SMA Hadapi Soal Bahasa Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 09 Apr 2018, 15:30 WIB
Diperbarui 09 Apr 2018, 15:30 WIB
Pelaksanaan UNBK SMK di Jakarta
Perbesar
Sejumlah murid Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1, Jakarta, Senin (2/4). Untuk siswa Kejuruan, pelaksanaan UNBK dilaksanakan dari 2 April sampai 5 April 2018. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Liputan6.com, Jakarta - UNBK SMA 2018 digelar serentak mulai hari ini, Senin, 9 April 2018 hingga 12 April 2018. Hari pertama pelaksanaannya siswa/siswi SMA dijadwalkan untuk mengerjakan soal bahasa Indonesia. Menurut seorang siswi SMAN 9 Kota Tangerang Selatan bernama Tania Suflana, ada sedikit kendala pada soal-soal bahasa Indonesia tersebut.

"Kendalanya di soal aja ya, option jawabanya rancu, mirip-mirip gitu. Memang kita saja harus lebih teliti jawabnya," ucap dia.

Meski begitu, dirinya mengaku, tak ada yang perlu ditakutkan dari pelaksanaan UNBK saat ini, hal itu lantaran nilai UNBK tak lagi menjadi acuan kelulusan siswa. Sayangnya, kendala lain dialami oleh Dian Nur Utami siswi kelas XII IPA 2.

Dirinya mengaku sempat panik karena layar komputer yang dia gunakan untuk pengerjaan soal UNBK pada hari pertama itu mati beberapa saat.

 

2 dari 2 halaman

Komputer Mati

Pelaksanaan UNBK SMK di Jakarta
Perbesar
Pelajar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMK Negeri 1, Jakarta, Senin (2/4). Data Dinas Pendidikan DKI, secara keseluruhan jumlah yang menggelar UNBK terdiri dari 5.784 sekolah dan diikuti 443.768 peserta. (Liputan6.com/Arya Manggala)

"Ya komputer saya tadi mati, lumayan lama. Saya lihat selisih waktu saya sama yang di sebelah 20 menit. Tapi untungnya saya bisa mengerjakan cepat dan tepat waktu," katanya kepada Merdeka.com.

"Cuma itu saja sih, kalau yang lain lancar, sama ruang kelasnya aja terlalu dingin," kata dia.

Selain itu, baik Tania maupun Dian Suflana mengaku tak ada masalah dalam pelaksanaan UNBK hari pertama di sekolahnya. Mereka juga berharap, UNBK bisa lancar hingga akhir pelaksanaan.

Reporter:

Kirom 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓