Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Dahsyat Ciuman

Ciuman terbukti bisa membuat seseorang bahagia, mengurangi stres, dan panjang umur.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya baik untuk kelangsungan hubungan, berciuman bibir ternyata juga memiliki dampak positif bagi tubuh Anda. Ada banyak manfaat dari ciuman yang tak banyak diketahui orang.

Tahukah Anda, ciuman juga bermanfaat untuk kesehatan. Ciuman terbukti bisa membuat seseorang bahagia, mengurangi stres, dan panjang umur.

Berikut beberapa manfaat lainnya dari ciuman yang perlu Anda ketahui, seperti dikutip dari situs Boldsky:

1. Membakar kalori

Ya, salah satu dampak terdahsyat dari berciuman adalah membakar kalori. Sejumlah peneliti membuktikan bahwa berciuman bisa membantu Anda untuk mengurangi berat badan karena melalui aktivitas privat itu, tubuh bisa membakar 6 kalori per menit.

Angka kalori yang dibakar itu lumayan lo. Sebagai perbandingan, jogging di treadmill membakar 11 kalori per menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Rileks

Berciuman adalah salah satu cara alami untuk membuat tubuh juga rileks. Sebab, berciuman membuat tubuh memproduksi oksitosin atau kerap juga disebut hormon cinta serta endorfin.

Endorfin dan dopamin bertanggung jawab untuk memberikan perasaan bahagia, senang, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Jadi, ketika pasangan sedang merasa sedih atau depresi, Anda bisa memberi dia ciuman untuk mengurangi ketegangan di kepalanya.

Sebaliknya, hormon stres (kortisol) menurun ketika Anda berciuman.

3 dari 4 halaman

3. Menguatkan otot wajah

Manfaat lain berciuman yang jarang diketahui orang adalah memperkuat otot wajah. Jika Anda bergairah dan ingin mencium pasangan, lakukan saja. Tak perlu ragu.

Tak hanya membuat Anda berdua bahagia, ciuman juga bisa membuat bentuk rahang Anda menjadi lebih baik dan sempurna. Sebab, ada 30 otot wajah yang terlibat ketika Anda berciuman.

4. Penghilang rasa sakit

Ini mungkin sulit dipercaya, tapi begitulah faktanya. Setelah seharian lelah bekerja, badan pegal dan energi terkuras. Berciuman dengan pasangan ternyata bisa mengurangi rasa sakit itu.

Begini penjelasannya. Saat berciuman, tubuh melepaskan senyawa-senyawa yang mengurangi rasa sakit serta membuat tenang serta rileks.

4 dari 4 halaman

5. Jantung

Mau jantung Anda selalu muda dan penuh stamina? Salah satu caranya bisa dengan rajin berciuman.

Berciuman ternyata membantu sirkulasi darah, termasuk ke jantung. Anda kerap deg-degan kan kalau berciuman. Itulah saat jantung bekerja lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh.

Pasangan yang rajin berciuman cenderung lebih panjang umur hingga lima tahun dibandingkan mereka yang sangat jarang melakukannya.

Sumber: Feed.merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini