Sukses

Bila Didaur Ulang, Air Toilet Sama Baiknya dengan Air Kemasan

Meskipun air toilet yang sering kita gunakan terdengar menjijikan, para ilmuwan di California menganggap air tersebut baik untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Apa yang kamu bayangkan tentang air dalam kloset? Ya, tentu setiap orang menganggap air tersebut kotor karena menjadi tempat pembuangan zat ekskresi dan pencernaan.

Meskipun air tersebut dianggap menjijikan, bagi sejumlah ilmuwan air tersbut bisa dianggap baik sama halnya seperti air mineral dalam botol. Ya, tentu saja melalui proses penyaringan dan daur ulang air tersebut bisa sangat bersih dan lebih baik.

Ilmuwan yang meneliti tentang air kloset yakni, sebuah tim khusus dari Universitas California. Sat ini mereka sedang melakukan kampanye pemasaran mengenai air yang digunakan dalam kloset sebenarnya bersih dan layak untuk dikonsumsi.

Untuk membuktikan hal tersebut, para ilmuwan mengundang 150 relawan untuk mencoba meminum air yang tidak dilabeli oleh apapun. Air yang diuji berasal dari keran, mineral botol, serta limbah daur ulang dari kloset.

Setelah diminum, para relawan ddisuruh memberikan peringkat mana air yang lebih enak bagi mereka. Hasil studi justru mengejutkan orang-orang justru memberikan label rendah pada air keran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Akan menjadi populer dalam beberapa dekade

"Air yang berasal dari tanah tidak begitu disukai seperti air daur ulang atau air botolan. Kami pikir hal itu terjadi karena air daur ulang dan air kemasan melalui proses pengolahan yang sama," tulis Mary Guacain, salah satu ilmuwan dalam penelitian, melansir Shared.

Selain enak dikonsumsi sama halnya seperti air kemasan, air daur ulang juga tak memiliki komponen yang berbahaya di dalamnya sehingga masyrakat tidak perlu takut.

Pemimpin penelitian yakni Daniel Harmon, air daur ulang dari toilet mungkin terdengaran menjijikan. Itu sebabnya tak banyak orang ingin mencoba air tersebut. Meski begitu, ia yain bahwa beberapa dekade mendatang air limbah akan menjadi populer untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu, kampanye tentang air dair ulang perlu dilakukan untuk mengurangi ketakutan orang-orang. California menjadi tempat yang penting untuk di kampanyekan ke masayrakat mengingat air di sana mulai mengalami kekeringan.

 

3 dari 3 halaman

Cara yang tepat untuk mengatasi kekeringan air

Peneliti memperkirakan dengan terjadinya pemanasan global hal ini tak memperbaiki kekeringan yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Meski begitu, kampanye ini tak hanya terjadi di California saja. Belahan dunia lainnya yang sering mengalami kekeringan juga bisa menerapkan cara ini.

Hal yang perting dalam air daur ulang yakni prosesnya. Proses pengolahan air sendiri seperi air kemasan di mana limbah disaring hingga bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.