Sukses

Bangun dari Koma Setelah 19 Tahun, Ucapan Pria Ini Bikin Tercengang

Seorang pria asal Arkansas mengalami koma selama hampir dua dekade. Sampai suatu hari, pria itu berhasil menjawab pertanyaan dari perawat dengan mengejutkan.

Liputan6.com, Jakarta Ketika otak mengalami kerusakan, hal yang dapat terjadi yakni seseorang dalam kondisi koma. Koma dapat terjadi ketika kita mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu akibat terganggunya aktivitas otak.

Meski begitu, organ tubuh kita di dalam masih bekerja sehingga dalam kondisi ini orang yang bersangkutan berada dalam kondisi hidup dan mati.

Walaupun tak sedikit kasus koma yang berujung pada kematian, ada juga orang-orang yang berhasil bangun dari keadaan tak sadar. Salah satu pasien koma yang kisahnya cukup mengharukan yakni Terry Wallis.

Selama 19 tahun, pria itu hanya bisa berbaring dalam ranjangnya di rumah sakit. Kecelakaan lalu lintas di tahun 1984 merupakan dalang yang memicu kerusakan otak Wallis.

Saat bulan pertama Wallis di rumah sakit, dokter menyatakan bahwa tubuhnya sedang berada dalam kondisi sadar minimal. Ia menjadi sadar tetapi tak bisa berikan respons. Namun, sesekali Wallis pernah memberikan respon terhadap cahaya, pergerakan hingga stimulasi.

Ia juga bisa merasakan jika teman-temanya datang untuk menjenguk. Akan tetapi, Wallis tak dapat berbuat banyak seperti mengobrol dan bergerak karena kerusakan otak yang membuatnya menjadi lumpuh dan koma.

Namun, pada suatu hari ia berhasil mengejutkan orang-orang di sekitarnya. Ada keajaiban muncul ketika ia menjawab pertanyaan sang perawat yang kala itu menjaganya pada tahun 2004.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan pertama penanda bangun dari koma

Saat itu, seorang perawat tengah mengajaknya bercanda Willis. Perawat itu menunjuk ke arah ibu Willis, yakni Angilee dan bertanya apakah ia bisa mengenalinya.

"Ibu" jawab Willis yang kemudian mengejutkan ibu dan perawatnya. Karena dibuat kaget, perawat segera memanggil dokter dan dalam waktu seminggu kemudian Wallis memberikan perkembangan yang signifikan.

Setelah 19 tahun tertidur dalam koma, Wallis kini tak berhenti bicara. Ia bahkan bisa meminta makanan dan minuman. Dari situ, dokter menganggap bahwa ada kemungkinan besar bahwa pasien koma bisa kembali bangun dan kembali pulih.

Walau ia sudah bangun dari koma, Wallis tetap mengalami lumpuh. Tapi dokter merasa yakin bahwa sel otaknya tengah berusaha untuk tersambung kembali dan memperbaiki bagian yang rusak.

3 dari 3 halaman

Tak bisa mengingat anak dan istrinya

Angilee sang ibu merupakan salah satu pihak yang berperan besar pada kesembuhan putranya. Ketika dokter tampak tak bisa melakukan upaya lagi kepada Willis, sang ibu tetap setia mengunjungi putranya selama simggu dua kali.

Kadang kala Angilee mengajak putranya mengobrol dan mamainkan musik country. Ia juga sering membawa pulang Wallis ke rumah untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga.

Meskipun ia bisa kembali ke rumah dengan kursi roda, sayangnya koma selama 19 tahun masih menyisakan gangguan pada otaknya. Pria itu memiliki gangguan memori sehingga tak ingat anak dan istrinya namun sifatnya masih sama seperti dulu.

Otaknya hanya mengingat hal-hal pada masa kecilnya. Willis bersi keras bahwa Ronald Reagan masih menjadi presiden, bahkan ia masih mengingat jelas apa saja tuhas yang ia lakukan pada masa kecil.

Meskipun sedih tak lagi bisa mengingat anak dan istrinya, keluarganya senang bahwa Willis masih diberi kesempatan hidup dan bangun dari koma. Pria asal Arkansas itu masih berjuang dengan masalah ingatan hingga saat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.