Butuh Ketenangan? Ini 4 Jenis Olahraga Paling Cocok buat Kamu yang Introvert

Oleh Sulung Lahitani pada 05 Apr 2018, 14:30 WIB
Diperbarui 05 Apr 2018, 14:30 WIB
Sirsasana Yoga
Perbesar
Ilustrasi Foto Sirsasana Yoga (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan mereka yang berkepribadian ekstrovert, mereka yang berjiwa introvert cenderung pendiam karena berpikir sebelum bertindak. Dalam berinteraksi pun, para introvert lebih nyaman mengobrol secara empat mata ketimbang dalam satu kelompok besar.

Orang introvert cenderung lebih sering menggunakan lobus frontalis. Ini merupakan otak yang bertugas merencanakan, memikirkan penyelesaian masalah, serta mengingat.

Nah, ketimbang orang ekstrovert yang bisa berbaur dalam olahraga apapun, orang introvert cenderung pemilih. Hal ini dikarenakan mereka berusaha meminimalkan kontak dengan orang lain saat berolahraga.

Dilansir dari Fitness Magazine, berikut 4 olahraga yang paling cocok dengan orang introvert.

1. Yoga

Yoga dapat menjadi pilihan paling tepat untuk seseorang yang ingin menyehatkan tubuh serta pikiran. Dengan gerakan yoga, tubuh tak hanya menjadi lebih rileks, tapi pikiran menjadi lebih tenang.

Latihan yoga amat cocok untuk mereka yang memiliki sifat introvert karena yoga cenderung dilakukan di tempat yang tenang dan dengan musik yang menenangkan. Pilihlah jenis yoga yang paling cocok dengan tujuan dan kebutuhan tubuh.

 

2 dari 3 halaman

2. Pilates

[Bintang] Pilates
Perbesar
Kabar tentang pilates ini cuma mitos. Jangan sampai gagalkan rencana olahragamu, ya! (Sumber Foto: corebodypilatesaz.com)

Berbeda dengan senam lainnya, pilates lebih berfokus pada latihan otot perut. Bila diikuti dengan benar, pilates memiliki risiko cedera yang lebih rendah ketimbang olahraga lainnya.

Bila ingin mendapatkan banyak manfaat dari pilates, biasakan untuk melatih pernapasan Anda. Ini akan membantu memperkuat otot dan melindungi tulang punggung bawah.

Metode yang digunakan dalam pilates terdiri dari gerakan ketahanan dan kekuatan otot, serta latihan fleksibilitas. Perasaan rileks setelah berolahraga pilates disukai oleh mereka yang memiliki kepribadian introvert.

3. High Intensity Interval Training (HIIT)

Olahraga dan latihan jenis ini belakangan makin populer karena dipercaya dapat membakar kalori lebih efektif. Latihan ini dilakukan dengan meningkatkan kecepatan dan intensitas olahraga hingga maksimal, kemudian kembali ke kecepatan yang sesuai dengan kenyamanan tiap orang.

Hal ini dilakukan secara berulang. Mudahnya, latihan HIIT seperti berlatih sepeda statis. Menariknya, olahraga jenis ini dapat dilakukan secara sendirian. Tak heran, mereka yang introvert menyukai latihan jenis ini.

 

3 dari 3 halaman

4. Renang

Ilustrasi renang
Perbesar
Ilustrasi renang. Foto: digitalnewsroom

Kolam renang dapat menjadi tempat bagi mereka yang introvert mengekspresikan kebebasan mereka. Hal ini dikarenakan, saat berada di dalam air, Anda hanya akan mendengar suara air. Sensasi kesunyian dan tenang serta bebas dari suara lainnya membuat renang cocok bagi para introvert.

Renang dapat menjadi cara yang tepat untuk memusatkan diri dengan pikiran, sembari melakukan gerakan berulang yang menenangkan.

Reporter: reporter merdeka

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓