Sukses

Jangan Dibiasakan, 5 Hal ini Bisa Sebabkan Putusnya Persahabatan

Ada banyak hal penyebab berakhirnya persahabatan, selain karena faktor egois, perbedaan pendapat juga menjadi faktor utama rusaknya hubungan pertemanan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah persahabatan bisa berakhir karena berbagai macam alasan. Bisa jadi hal itu merupakan salah satu fase tersulit dalam kehidupan seseorang. Pasalnya, ada banyak sekali momen dan waktu berharga yang kita lalui bersama sahabat. Dan pada satu titik, persahabatan akan berujung pada perpisahan.

Ada banyak hal penyebab berakhirnya persahabatan. Selain karena faktor egois, perbedaan pendapat dan pemikiran, jalinan persahabatan bisa putus karena terpisah oleh jarak sehingga intensitas untuk berjumpa semakin berkurang. Lalu apa saja penyebab hubungan persahabatan bisa berakhir? Berikut ulasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pengkhianatan

Inilah penyebab pertama kenapa suatu persahabatan bisa berakhir. Jika temanmu mengkhianatimu tanpa alasan jelas, maka akan menjadi sulit bagimu untuk melanjutkan pertemanan dengannya. Kamu mungkin bisa memaafkannya, tapi tidak bisa melupakan penghiatan yang telah ia perbuat kepadamu. Karena seorang sahabat sejati tidak akan pernah menghianatimu.

2. Perasaan Iri

Tidak ada kata iri dan dengki dalam kamus persahabatan. Teman sejati tidak akan pernah merasa cemburu satu sama lain. Sebaliknya, sahabat sejati selalu senang jika temannya bahagia. Jika temanmu merasa iri terhadap prestasi yang kamu raih, bisa jadi ada yang tidak beres dengan persahabatanmu. Sifat cemburu, iri, dan dengki adalah penyakit dalam sebuah hubungan, jika hal itu terjadi dalam persahabatan, maka kehancuran hubungan kalian tinggal menunggu waktu saja.

3 dari 4 halaman

3. Perdebatan

Apa artinya persahabatan jika ada dua orang saling berteman terus berdebat tanpa alasan yang jelas? Persahabatan artinya saling menyayangi dan membahagiakan. Meskipun setiap orang punya perbedaan pendapat, masalah tersebut tidak akan berlarut-larut sehingga tidak memicu konflik berkepanjangan. Oleh karena itu, hentikan perdebatan dengan sahabatmu jika kamu ingin hubungan pertemananmu tetap awet.

4. Hubungan Jarak Jauh

Hubungan jarak jauh juga bisa menyebabkan putusnya persahabatan. Jika temanmu berada jauh darimu dan tidak lagi berkomunikasi, pasti secara perlahan-lahan hubunganmu akan berakhir. Meski kamu tidak berniat mengakhiri persahabatanmu, tapi jarak dan tempatlah yang memaksa kalian untuk berpisah. Persahabatan jarak jauh dapat berakhir ketika salah satu teman hilang kontak atau tidak memberikan kabar.

4 dari 4 halaman

5. Fake Friend

Dalam hidup, kamu akan menjumpai banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda-beda. Ada yang tulus, ada pula yang modus. Jika kamu memiliki teman palsu, maka persahabatanmu tak akan berumur lama dan secara perlahan akan hancur. Persahabatanmu hanya dilandasi kepentingan masing-masing. Meskipun demikian, seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai mengenali mana teman sejati dan mana teman palsu yang hanya mengambil keuntungan pribadi saja.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.