Sukses

Begini Gejala Penyakit Autoimun yang Sebabkan Jamilah Sungkar Meninggal

Kakak Shireen dan Zaskia Sungkar diketahui meninggal dunia karena penyakit autoimun, apa itu?

Liputan6.com, Jakarta Jamilah Sungkar, kakak tiri dari Shireen dan Zaskia Sungkar telah menghadap Yang Mahakuasa pada Sabtu (31/3/2018) di Amsterdam, Belanda, sekitar pukul 13:45 waktu setempat. Hal ini tentu menimbulkan duka yang mendalam bagi keluarga Sungkar.

Sebelum meninggal dunia, Jamilah sempat tak sadarkan diri selama empat hari di rumah sakit lantaran penyakit yang dideritanya. Jamilah dikatakan mengidap penyakit autoimun setahun belakangan.

Mungkin banyak di antara kalian yang belum tahu apa sebenarnya autoimun itu? Penyakit autoimun sebenarnya punya banyak jenis. Dikutip dari Bintang.com, penyakit ini bisa memengaruhi organ tubuh mana saja,seperti organ dalam perut, kulit, dan lain sebagainya.

Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh manusia terganggu dan justru membahayakan jaringan tubuh sendiri. Sistem imun semestinya memerangi zat-zat asing yang membahayakan tubuh, seperti kuman, virus, racun, dll. Namun, seseorang yang mengalami autoimun, sistem imunnya justru menyerang bagian tubuhnya sendiri. Gangguan autoimun pada umumnya tidak dapat disembuhkan.

Ada beberapa gejala yang biasanya dialami penderita autoimun, salah satunya adalah mudah lelah. Apakah kalian setiap hari mudah merasa lelah meskipun tidak mengerjakan pekerjaan yang berat? Ada baiknya kalian waspada.

Selain itu, penderita autoimun juga kerap sulit berkonsentrasi. Hal ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, ya. Untuk kalian yang mengalami gejala-gejala tersebut dan merasa kekebalan tubuh kian berkurang, segera periksakan diri ke dokter ya.

Reporter: Karla Farhana 

Sumber: Bintang.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini