Sukses

Digilai Para Wanita, Ternyata Ini Kepribadian di Balik Pria Berjenggot

Pria berjenggot atau berewok memang seksi, tapi Anda perlu tahu kepribadian di baliknya,

Liputan6.com, Jakarta - Jenggot atau berewok bagi pria merupakan salah satu bentuk kedewasaan dan membuat penampilan terlihat lebih macho. Jadi tidak heran jika akhir-akhir ini semakin banyak pria yang menumbuhkan jenggot maupun kumis di wajah mereka.

Disadari atau tidak, rambut di wajah pria ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi wanita. Selain terlihat lebih maskulin, bagi sebagian besar wanita, pria berjenggot juga terlihat seksi dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Namun, ada hal yang perlu para wanita ketahui tentang pria-pria yang hobi menumbuhkan kumis dan jenggotnya.

Penelitian terbaru menemukan bukti yang menunjukkan bahwa pria yang memilih untuk menumbuhkan rambut wajahnya sengaja ingin memaksimalkan aura maskulin mereka.

"Rambut wajah, seperti banyak ciri-ciri seksual sekunder maskulin, memainkan peran penting dalam persepsi dari ciri-ciri sosioseksual pada pria," demikian disebutkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan Archives of Sexual Behavior, seperti dikutip Yourtango.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pria Berjenggot Lebih Seksis?

Penelitian yang diikuti oleh pria asal India dan Amerika Serikat ini dilakukan dengan menjawab survei online yang mencakup topik seputar rambut wajah dan persepsi wanita.

Survei tersebut termasuk petunjuk seperti "Wanita terlalu mudah tersinggung" dan "Begitu seorang wanita membuat seorang pria berkomitmen padanya, dia biasanya mencoba mengikat kuat pasangannya," untuk mengukur apa yang oleh para peneliti disebut sebagai seksisme yang bertentangan. Ini juga termasuk item untuk mengukur seksisme ksatria putih (bahwa perempuan harus dihargai dan dilindungi oleh laki-laki).

Hasil penelitian menemukan bahwa pria dengan rambut wajah dinilai lebih tinggi skala seksismenya, dibanding pria yang mencukur bersih kumis dan jenggotnya.

Masalah antara wanita dan laki-laki kerap kali bersinggungan masalah dominasi dan patriarki dalam kehidupan sosial. Seksisme, sebagai ungkapan bahwa salah satu gender dianggap lebih unggul dibandingkan gender lainnya, menjadi sebuah masalah di negara-negara dengan tingkat feminisme yang tinggi.

Namun, para peneliti mengelompokkan seksis dalam penelitian ini menjadi dua kelompok, yaitu seksis baik dan seksis buruk. Seksis baik berarti bahwa laki-laki menganggap dirinya lebih unggul namun dalam tindakan yang menyanjung wanita, seperti membukakan pintu ataupun membayar makanan. Sedangkan seksis buruk didefinisikan sebagai tindakan yang merendahkan kaum hawa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa laki-laki yang memiliki jenggot atau berewok seringkali dianggap lebih seksis buruk ketimbang pria yang sering mencukur jenggot ataupun rambut di wajahnya. Hanya sepertiga dari responden yang tidak mengutarakan pernyataan bernada seksis.

Sumber: Feed.merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini