Sulit Membagi Waktu Belajar? Coba 4 Cara Ini

Oleh Liputan6.com pada 03 Apr 2018, 08:01 WIB
Sulit Membagi Waktu Belajar? Coba 4 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Membagi waktu seefektif mungkin menjadi aspek penting agar berhasilan meraih prestasi dalam belajar. Baik pelajar maupun mahasiswa yang terampil membagi waktu, akan berpeluang besar untuk sukses dalam belajar. 

Untuk itu, kita harus mampu dan terampil memanfaatkan waktu di setiap harinya. Dengan begitu semua aktivitas rutin sebagai pelajar/mahasiswa dapat berjalan dengan lancar. Berikut empat tips untuk memudahkanmu dalam membagi waktu dalam belajar.

2 of 3

1. Membuat Daftar Kegiatan

1. Membuat Daftar Kegiatan
Dengan membuat daftar kegiatan kita akan lebih mudah mengatur waktu (Sumber foto: universitypointed.com)

Pertama, kamu bisa menuliskan hal-hal yang harus di kerjakan, kemudian putuskan apa yang di kerjakan sekarang., apa yang di kerjakan nanti, dan apa yang bisa di tunda dulu pengerjaannya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui hal mana yang menjadi prioritas untuk kamu lakukan terlebih dulu.

2. Membuat Jadwal Harian atau Mingguan

Catat janji bertemu, kelas dan pertemuan pada buku atau tabel kronologis. Dengan demikian, kamu akan selalu mengetahui jadwal dalam satu hari yang akan kamu lakukan dan bisa tidur dengan waktu yang tepat.

3 of 3

3. Merencanakan Jadwal yang Lebih Lama

Mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa belajar di kampus (iStockphoto)

Gunakan jadwal bulanan sehingga kamu selalu bisa merencanakan kegiatan terlebih dahulu. Jadwal ini juga bisa meningkatkan dan menciptakan waktu luang dengan lebih nyaman. Mulai dari jadwal liburan, jadwal berkunjung kerumah saudara hingga jadwal berkumpul keluarga.

4. Rencana Jadwal Belajar Efektif

Jadwalkan istirahat tidur, makan dan kegiatan liburanmu dengan cukup, prioritaskan tugas–tugas sekolah atau kuliah, luangkan waktu untuk diskusi atau mengulang bahan materi kuliah yang akan di pelajari sebelum kelas serta jadwalkan waktu 50 menit untuk setiap sesi belajar.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap