Mental hingga Target Kuliah, 5 Hal yang Wajib Mahasiswa Baru Persiapkan

Oleh Liputan6.com pada 05 Apr 2018, 08:00 WIB
Mental Hingga Target Kuliah, 5 Hal  yang Wajib Mahasiswa Baru Persiapkan

Liputan6.com, Jakarta Menjadi mahasiswa baru memang butuh penyesuaian diri dengan lingkungan baru. Bukan hanya soal lokasi yang berbeda, tapi juga pelajaran, cara belajar, dan cara mengatur waktu perlu dipikirkan secara matang. Karena kehidupan di universitas sangat berbeda dengan kehidupan yang pernah dialami di masa SMA.

Dunia perkuliahan memang memiliki banyak cerita dan hal-hal baru yang belum pernah kita temui saat masih menjadi siswa. Untuk kamu yang akan melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting berikut ini, agar selama masa kuliah kamu lebih berkesan dan tidak sia-sia.

2 of 4

1. Banyak Berkenalan dengan Orang Baru

1. Banyak Berkenalan Dengan Orang Baru
Membangun relasi sejak pertama masuk kuliah menjadi hal penting saat kamu menjadi mahasiswa baru (Sumber foto: ids.org)

Saat hari pertama kuliah, sebaiknya kamu banyak berkenalan dengan mahasiswa baru lainnya. Tujuannya agar kamu memiliki banyak relasi, karena suatu saat kamu pasti membutuhkan bantuan teman-temanmu.

2. Mental yang Kuat

Hal pertama yang harus kamu persiapkan saat memasuki dunia perkuliahan adalah Mental yang kuat. Terlebih jika kamu memutuskan untuk menempuh pendidikan tinggi di luar kota dan jauh dari orang tua. Jika mentalmu belum siap, maka carilah jalan lain agar kamu bisa tetap menempuh pendidikan tinggi.

3 of 4

3. Kuasai Program Studi

Setelah nyaman dengan tempat tinggal dan lingkungan kuliah yang beru, maka saatnya mengenal lebih jauh tentang program studi yang akan kamu pelajari. Kamu harus mengenal betul program studi yang kamu pelajari, jangan sampai pendidikan yang kamu tempuh sia-sia karena kamu tidak menguasai jurusanmu.

4. Perlengkapan Kuliah

Setelah mempersiapkan mental  dan memahami bidang studi yang diambil, maka selanjutnya kita harus melengkapi kebutuhan kuliah, diantaranya buku teks kuliah, alat tulis, binder, laptop, kelengkapan laptop, serta handphone.

4 of 4

5. Target Kuliah

Setelah semuanya sudah lengkap, saatnya mengatur strategi untuk belajar. Selain itu, menentukan beberapa indeks prestasi yang ingin kamu capai juga menjadi hal penting agar selama kamu kuliah memiliki target dan tujuan akhir.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap