Sukses

Jingshan, Gunung Setinggi 60 Cm yang Dasarnya Terkubur di Dalam Tanah

Memiliki tinggi sekitar 60 cm di atas permukaan, batu ini dipercayai sebagai gunung yang tertimbun.

Liputan6.com, Jakarta Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Memiliki tantangan tersendiri saat didaki membuat banyak orang yang harus mempersiapkan diri sebelum menaklukkan suatu gunung.

Tidak hanya mendapatkan tantangan dari gunung itu sendiri, para pendaki juga akan mendapatkan pemandangan yang indah saat menaklukkan gunung. Karena itulah tidak sedikit orang gemar mendaki gunung.

Ketinggian gunung pun menjadi salah satu rintangan tersendiri yang harus ditaklukkan. Semakin tinggi gunung maka semakin tinggi juga rintangan yang harus kita hadapi.

Namun ternyata tidak semua gunung memiliki ketinggian ribuan meter sehingga sulit didaki. Nyatanya ada gunung ini hanya setinggi 60 cm sehingga bisa didaki dengan satu lompatan saja.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dasar Jingshan Tidak Pernah Ditemukan

Terletak di Shouguang, provinsi Shandong, China, terdapat gunung yang memiliki ketinggian 60 cm. Gunung ini bernama Jingshan, membuatnya menjadi gunung terkecil di dunia. Dipercaya bongkahan batu setinggi 60 cm ini berukuran besar namun tertimbun di dalam tanah.

Menurut Zheng Binhai, selaku mantan kurator museum Shouguang Bo, dulu pernah ada orang yang ditugaskan untuk menggali tanah di sekitar Jingshan untuk membuktikan bahwa batu tersebut bukan gunung. Namun setelah terus menggali orang tersebut menyerah karena tidak kunjung menemukan ujung dari Jingshan.

Kemudian pada tahun 1958, ada orang yang kembali berusaha untuk menemukan dasar Jingshan, namun mereka juga tidak menemukan dasar batu tersebut. Pada saat itulah Jingshan diakui sebagai gunung.

 

3 dari 3 halaman

Sekarang Tidak Ada yang Boleh Menggali Tanah Disekitar Jingshan

China.org melaporkan bahwa Jingshan memiliki ketinggian 48 meter, tetapi sebagian besar terkubur di bawah tanah. Puncak Jingshan yang di atas permukaan tanah hanya setinggi 60 centimeter, panjang 1,24 meter, dan memiliki lebar 0,7 meter.

Karena memiliki daya tarik, pemerintah pun menjadikan gunung Jingshan sebagai lokasi objek wisata setempat. Bahkan pihak berwenang Shouguang membuat aturan agar tidak ada orang yang boleh menggali tanah disekitar Jingshan hingga membuat bangunan di sekitarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.