Sukses

Pahami 5 Pantangan Saat Datang Bulan, Ternyata Mencukur Berbahaya

Pantangan ini berdasarkan studi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Meski menjadi fase tak menyenangkan, tetapi datang bulan selalu dinantikan kehadirannya oleh wanita. Terlebih para gadis. Fase ini selalu diikuti dengan sakit perut, kram, mood yang mudah berubah, bahkan cepat marah atau sedih.

Selain perubahan fisik, menstruasi juga mendatangkan sejumlah pantangan yang tidak boleh dilakukan pada tubuh. Pantangan ini didasari oleh studi kesehatan dan berbagai kesimpulan penelitian kesehatan. Dikutip dari familyshare.com, ada lima pantangan yang tidak boleh Anda lakukan ketika menstruasi, yaitu:

1. Mencukur

Dilansir dari health.com, menstruasi membuat hormon esterogen Anda menurun tajam. Ini bisa membuat semua sakit fisik menjadi dua kali lebih menyakitkan dari yang seharusnya. Maka itu hindari mencukur ataupun waxing karena sakitnya bisa jadi tak tertahankan.

2. Nonton film romantis

Anda mungkin sadar kan naik-turun mood ketika datang bulan? Datang bulan sambil menonton film romantis hanya akan membuat emosi macam roller coaster. Anda bisa nangis bombay tanpa henti dan marah karena hal yang tak wajar.

3. Diam saja

Disarankan untuk tetap beraktivitas fisik ketika datang bulan, jangan hanya diam saja. Aktivitas olahraga akan membantu mengurangi kram dan menurunkan kadar emosi yang fluktuatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Minum susu

Kalsium memang penting diminum saat menstruasi, akan tetapi tidak berarti Anda bebas mengkonsumsinya. Sebab, susu dan produk turunannya mengandung asam arakidonat yang bisa menyebabkan kram.

5. Malas ganti pembalut

Jangan terlalu lama mengganti pembalut. Idealnya, Anda harus segera berganti selama tiga hingga empat jam sekali agar bakteri tidak berkembang biak.

Sumber: Feed.Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini