Saksikan Inspirato Bersama Emil Dardak, Dedi Mulyadi, dan Ganjar Pranowo

Oleh Sulung Lahitani pada 20 Mar 2018, 09:30 WIB
Saksikan Inspirato Bersama Emil Dardak, Dedi Mulyadi, dan Ganjar Pranowo

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 17 provinsi akan menggelar pemilihan kepala daerah atau Pilkada Serentak 2018. Total calon yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) mencapai 116 orang atau 58 pasang.

Di antara mereka, terdapat nama Ganjar Pranowo, Dedi Mulyadi, dan Emil Dardak. Ketiga orang inspiratif ini akan berbagi kisahnya pada Inspirato edisi Maret 2018.

Inspirato yang juga ditayangkan secara live streaming ini dilaksanakan pada:

Hari: Selasa

Tanggal: 20 Maret 2018

Pukul: 13:15 WIB-selesai

Lokasi: SCTV Tower lantai 8

Berikut profil ketiga tokoh tersebut:

 

1. Emil Dardak

Mengenyam pendidikan di luar negeri, pria kelahiran Jakarta, 20 Mei 1984 ini seolah selalu dahaga dalam menuntut ilmu. Emil menyelesaikan program S1 nya di Universitas New South Wales, Australia. Sementara program S2 dan S3 ia tuntaskan di Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang. Pada usia 22 tahun, ia telah meraih gelar doktor.

Sempat bekerja sebagai World Bank officer serta Chief Business Development and Communication-Executive Vice President di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero), karier politiknya diawali pada tahun 2015.

Ia menjadi Bupati Trenggalek pada tahun 2015 dan pada Pilgub Jatim 2018, ia memutuskan menjaadi calon wakil gubernur yang berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa. Bagaimana kisah beliau selengkapnya?

 

2. Dedi Mulyadi

Aktif di berbagai organisasi mengantarkan pria kelahiran Subang, 11 April 1971 ini ke lembaga legislatif dan eksekutif. Dari menjadi anggota dewan, kariernya melesat menjadi wakil bupati, hingga menjadi Bupati Purwakarta untuk dua periode.

Selama menjabat sebagai bupati, Dedi yang merupakan lulusan Sekolah Tinggi Hukum Purnawarman populer berkat kebijakan-kebijakannya yang unik. Misalnya, ia menekankan cinta seni dan budaya lokal dengan mengenakan pakaian adat sunda.

Pada Pilgub Jabar 2018, beliau maju sebagai calon wakil gubernur dari Partai Golkar mendampingi Deddy Mizwar yang diusung oleh Partai Demokrat.

 

3. Ganjar Pranowo

Sempat menjadi pengacara dan konsultan, pria kelahiran Karang Anyar, 28 Oktober 1968 ini memulai karier politiknya dengan bergabung di PDI Perjuangan. Dari sana, lulusan Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta kemudian terpilih sebagai anggota DPR 2009-2014.

Di tengah masa aktif sebagai anggota DPR RI, Ganjar ikut bertarung dalam Pilgub Jawa Tengah 2013. Berpasangan dengan Heru Sudjatmoko, pria yang juga memiliki kantor hukum sendiri ini memenangkan pemilihan dan terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah Periode 2013-2018.

Selama menjabat, ia memperoleh cukup banyak penghargaan, di antaranya ebagai Kepala Daerah Inovatif 2014 untuk kategori layanan publik pada tahun 2014 dan anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah.

Pada Pilgub Jateng 2018, ia kembali maju. Kali ini ia berpasangan dengan Gus Yasin dari PPP. Bagaimana sepak terjang beliau selengkapnya?

Program eksklusif ini juga bisa disaksikan secara langsung melalui video di bawah ini: