Bentang Asa Foundation, Semangat Meraih Masa Depan, Membentangkan Asa

Oleh Angga Utomo pada 21 Mar 2018, 06:00 WIB
Keterbatasan bukan suatu penghalang, karena masa depan yang cerah adalah hak setiap anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Bentang Asa Foundation (BAF) merupakan sebuah wadah yang hadir dari adanya keresahan. Angka putus sekolah di sekitar kampus yang masih tergolong tinggi di tingkat sekolah dasar menjadi alasan kuat terbentuknya BAF. BAF mengawali program dengan memberikan beasiswa pada siswa/i kelas 5 SD. Sumber dana yang didapatkan berasal dari civitas IPB (Institut Pertanian Bogor) dan masyarakat secara umum. BAF terbentuk sejak bulan Desember 2016.

Ide awal didirikannya bentang asa diprakarsai oleh Purnama Arafah (Direktur BAF 2016-2017), Rahardian Okta (Menteri Sospengmas BEM KM IPB 2016-2017), dan didukung oleh pengurus lainnya. BAF ingin anak-anak di Indonesia mendapatkan hak dasarnya, yaitu pendidikan.

Penampakan Kawah Raksasa yang Dijuluki Pintu Neraka
2 of 3

Pendidikan Anak Indonesia

Dalam setiap periode BAF akan menyeleksi kembali siswa/i yang akan menjadi penerima beasiswa tersebut.
Dalam setiap periode BAF akan menyeleksi kembali siswa/i yang akan menjadi penerima beasiswa tersebut.

Melalui pendidikan anak-anak di Indonesia dapat membentangkan asa dan mimpi setinggi-tingginya. Putus sekolah bukan lagi sekedar masalah ekonomi, namun kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan di lingkungan tertentu merupakan salah satu penyebab utama.

Beasiswa yang diberikan BAF kepada beaswan berupa pemenuhan kebutuhan sekolah seperti peralatan ataupun pembayaran kebutuhan sekolahlainnya. Selain itu, BAF memberikan pelatihan dan motivasi kepada beaswan melalui kegiatan-kegiatan kreatif dan inovatif seperti Camp dan program kakak asuh.

3 of 3

Program Unggulan

BAF memiliki 30 Beaswan dari 5 sekolah dasar di lingkar kampus IPB.
BAF memiliki 30 Beaswan dari 5 sekolah dasar di lingkar kampus IPB.

Beberapa acara yang diselenggarakan oleh BAF dilakukan dengan melibatkan orang tua para Beaswan, hal tersebut dilakukan agar kesadaran akan pentingnya pendidikan dapat tumbuh sehingga mereka sebagai orang tua dapat mendukung pendidikan anaknya di masa mendatang. Program unggulan lain dari bentang asa adalah belajar bersama dan adanya target hafalan. Program ini merupakan masa persiapan para Beaswan agar dapat melanjutkan sekolah dengan program beasiswa di tingkat SMP seperti SMP Cendekia Baznaz dan Sekolah Smart Ekselensia.

Program beasiswa BAF dilakukan dalam periode waktu tertentu, dalam setiap periode BAF akan menyeleksi kembali siswa/i yang akan menjadi penerima beasiswa tersebut. “Berani untuk bermimpi dan menjadi sutradara yang handal dalam menggenggam erat mimpi adalah semangat yang terus kami tanamkan kepada adik-adik penerima beasiswa.

Keterbatasan bukan suatu penghalang, karena masa depan yang cerah adalah hak setiap anak bangsa.”Ujar Purnama, Direktur BAF. Sampai saat ini, BAF memiliki 30 Beaswan dari 5 sekolah dasar di lingkar kampus IPB. Aksi Nyata untuk Bangsa merupakan tag line BAF yang menggambarkan nilai yang dipegang oleh para anggotanya, yaitu bergerak nyata. Membangun sinergi, selalu bersedia untuk saling berbagi dan peduli adalah nilai dibalik tag line tersebut. Bentang Asa Foundation! Aksi Nyata, Untuk Bangsa!.

Penulis :

Atqiya Nur Assyifa

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

BAF memiliki 30 Beaswan dari 5 sekolah dasar di lingkar kampus IPB.
BAF memiliki 30 Beaswan dari 5 sekolah dasar di lingkar kampus IPB.
Lanjutkan Membaca ↓