Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Oleh Liputan6.com pada 19 Mar 2018, 09:30 WIB
Finlandia Raih Peringkat Pertama Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini PBB merilis survei tentang tingkat kebahagiaan masyarakat di 156 negara tahun 2018. Jika tahun sebelumnya Norwegia menjadi negara paling bahagia, Tahun ini Finlandia berhasil menggeser posisi Norwegia yang harus turun satu peringkat ke posisi dua.

Survei tersebut dikeluarkan dalam rangka memperingati Hari Kebahagiaan Internasional yang jatuh pada tanggal 20 Maret. Sementara itu, posisi ketiga hingga kelima ditempati oleh Denmark, Islandia, dan Swiss.

Peringkat Indonesia Menurun
Indonesia turun 15 peringkat ke posisi 96 (Sumber foto: batasnegeri.com)

Namun sayangnya, posisi Indonesia mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Saat ini Indonesia menempati posisi ke 96, turun 15 peringkat jika dibandingkan tahun lalu yang menempati posisi 81.

Sementara itu, untuk negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi ke 6. Masih di bawah Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam yang menempati posisi satu sampai lima.

Survei tersebut di dasarkan pada enam faktor yang mendukung kesejahteraan manusia, seperti pendapatan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati masyarakatnya.

2 of 2

Akibat Krisis Politik, Venezuela Alami Penurunan Paling Parah

Negara yang mengalami penurunan tingkat kebahagiaan paling parah adalah Venezuela, yang saat ini sedang menghadapi krisis politik. Negara ini turun 20 peringkat, dari posisi 82 ke posisi 102. Sementara peningkatan terbaik diraih oleh negara Togo yaitu naik 11 Peringkat ke posisi 139.

Penulis:

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓