Ingin Cepat Kuasai Bahasa Inggris? Coba 5 Tips Ini

Oleh Liputan6.com pada 20 Mar 2018, 07:00 WIB
Ingin Cepat Belajar Bahasa Inggris? Coba 5 Tips Ini

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang saat ini dijadikan bahasa wajib oleh beberapa negara. Di era globalisasi seperti sekarang, banyak perusahaan-perusahaan besar, mewajibkan para pekerjanya untuk menguasai bahasa Inggris. Untuk itu, sebagai generasi muda yang akan terjun di dunia kerja, sudah menjadi suatu keharusan untuk menguasai bahasa Inggris.

Meskipun sudah dipelajari sejak sekolah dasar, tapi masih banyak dari kita yang kesulitan untuk belajar bahasa Inggris. Selain kursus, beberapa tips berikut ini bisa membantu kamu agar lebih mudah menguasai bahasa Inggris. Apa saja?

2 of 4

1. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris

1. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris
Sering menonton film dengan terjemahan bahasa inggris lebih memudahkanmu menguasai bahasa inggris (Sumber foto: vnnews.ru)

Dengan menonton film berbahasa Inggris kamu bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu refreshing dan juga penambahan kosa kata Bahasa Inggris. Selain menonton film barat yang menggunakan terjemahan bahasa Inggris, sesekali kamu bisa mencoba menonton film berbahasa lain yang menggunakan terjemahan bahasa Inggris. Tujuannya agar kamu bisa belajar membaca teks bahasa Inggris.

2. Rajin Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Kebanyakan lagu berbahasa Inggris memiliki kandungan makna yang bagus dan enak di dengar, hal inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam lagu juga merupakan kosa kata yang biasa dipakai untuk berkomunikasi sehari-hari. Cari lirik lagu tersebut, dan carilah kosa kata yang belum kamu ketahui.

3 of 4

3. Mencoba Menulis Kalimat Bahasa Inggris

3. Mencoba Menulis Kalimat Bahasa Inggris
Dengan menulis kosa kata bahasa inggris, akan memudahkanmu mengingat setiap kata baru (Sumber foto: elearningindustry.com)

Dengan menulis secara tidak langsung otak kalian akan merekam kata demi kata yang kalian tulis tersebut. Kamu bisa memanfaatkan teman kamu untuk membacakan teks berbahasa inggris, lalu kamu menulis kosa kata yang dibacan temanmu. Atau bisa memanfaatkan media sosial seperti youtube untuk mencari audio yang menyajikan cerita dalam bahasa Inggris.

4. Jadikan Kebiasaan Sehari-hari

Kita bisa karena terbiasa, jika hal tersebut sudah familiar dan menjadi kebiasaan, tidak ada lagi kata sulit terucap dan semua akan terbiasa dengan sendirinya. Meskipun untuk membiasakan berbahasa inggris sedikit sulit, karena biasanya lingkungan tempat kamu bergaul akan menganggapmu aneh atau sok bisa bahasa Inggris. Abaikan mereka, fokuslah belajar karena setelah kamu jago berbahasa Inggris, mereka akan kagum melihatmu serta mengubah pola pikir mereka.

4 of 4

5. Terus Berlatih

Berbahasa Inggris adalah suatu kegiatan yang sangat butuh jam terbang, ada banyak hafalan dan pemahaman dalam berbahasa Inggris, maka solusi untuk meningkatkan jam terbang adalah dengan tekun berlatih. Carilah teman yang sama-sama ingin belajar, sehingga kamu memiliki motivasi lebih untuk terus belajar.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓