Sukses

Dijuluki Neraka Dunia, 6 Penjara Ini Terkenal karena Kesadisannya

Enam penjara ini dikenal karena kekejaman dan kengeriannya.

Liputan6.com, Jakarta - Penjara digunakan untuk menghukum dan mendisiplin para pelaku kejahatan. Meski berfungsi untuk menghukum, penjara seringkali dianggap berlebihan dalam menghukum tahanan.

Ya, sebab meski bagaimana pun, mereka adalah manusia yang harus diperlakukan selayaknya manusia. Namun, tidak demikian di penjara-penjara berikut ini, enam penjara ini dikenal karena kekejaman dan kengeriannya. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia.

1. Penjara Urga, Mongolia

Bentuk hukuman yang satu ini benar-benar kejam. Ketimbang dikurung di dalam ruangan, tahanan justru dikurung dalam kotak sempit.

Kotak itu hanya memiliki satu lubang untuk ventilasi dan sipir memberikan makanan. Kotak yang hanya dibersihkan beberapa minggu sekali itu membuat tahanan tak mampu bertahan lama.

2. Pitesti Prison, Rumania

Penjara ini hanya beroperasi selama dua tahun (1949-1951). Praktik yang terlalu kejam dari para sipir pada tahanan membuat rumah tahanan ini diprotes. Tahanan diketahui pernah mendapat perlakuan sadis seperti pencucian otak, dikencingi, bahkan dipaksa makan kotoran.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Penjara Hoa Lo, Vietnam

Dibuka pada 1896 oleh koloni Perancis untuk menahan pemberontak Vietnam, rumah tahanan ini segera dikenal sebagai salah satu yang paling kejam. Tahanan di tempat ini sering dipukuli dengan pecahan kaca atau kabel berduri untuk memberikan mereka pelajaran.

4. Devil's Island

Letaknya yang terisolasi membuat penjara ini sempurna untuk menghukum para tahanan. Sebanyak 60 ribu tahanan dikirim ke pulau yang terletak di perairan militer Guyana, Prancis ini.

Dari sekian banyak tahanan, hanya 2 ribu yang kembali dalam keadaan selamat. Salah satu tahanan yang bebas menuliskan pengalamannya lewat buku berjudul Papillon. Ceritanya tersebut sempat diadaptasi ke layar lebar pada 1973.

 

3 dari 3 halaman

5. Penjara Homelsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat

Dibangun pada 1890, penjara ini ditutup pada 1995. Penjara ini menjadi tempat pemerintah melakukan percobaan terhadap obat-obatan berbahaya. Tahanan seringkali dibedah dan direcoki obat atau virus berbahaya.

6. HMS Jersey

Bukannya berupa bangunan di atas tanah, tempat tahanan ini merupakan sebuah kapal perang. Disebut juga Neraka HMS, ribuan tahanan dimasukkan ke kapal ini hingga bergerak saja sulit.

Tahanan itu menderita penyakit dan kelaparan. Hingga kemudian kapal ini dibakar oleh tentara Inggris di akhir masa perang. Sebanyak 11 ribu tahanan tewas di atas kapal ini.

Reporter: Muhammad Bimo Aprilianto

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.