Bukan Hanya IPK, Nilai Tinggi Bisa Diukur dari Kepribadianmu

Oleh Liputan6.com pada 16 Mar 2018, 08:00 WIB
Bukan Hanya IPK, Ternyata Nilai Tinggi Bisa Diukur Berdasarkan Kepribadian

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang dunia perkuliahan memamg tidak ada habisnya. Mahasiswa akhir yang harus berjuang dengan skripsi dan mahasiswa yang harus mempertahankan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) agar tetap tinggi.

IPK adalah mekanisme penilaian keseluruhan prestasi terhadap mahasiswa dalam sistem perkuliahan selama masa kuliah. Penilaian IPK tergantung pada jumlah keseluruhan SKS yang ditempuh mahasiswa selama masa perkuliahan. Selain itu, bobot nilai juga ikut mempengaruhi.

Sebagai mahasiswa, tentunya kita ingin mendapatkan nilai yang memuaskan guna mencapai predikat Cum Laude. Predikat ini biasanya tertera di dalam ijazah baik untuk lulusan sarjana maupun lulusan pascasarjana. Namun ternyata, nilai tinggi tidak hanya di tentukan oleh IPK saja, berikut beberapa faktor lainnya.

2 of 3

1. Memiliki Integritas Tinggi

1. Memiliki Integritas Tinggi
Orang yang memiliki integritas tinggi biasanya konsisten dengan apa yang telah ia cita-citakan (Sumber foto: masterstudies.com)

Integritas merupakan konsistensi seseorang terhadap suatu hal. Dengan memiliki integritas yang tinggi, seorang mahasiswa akan memiliki nilai yang tinggi pula di lingkungan perkuliahan, akan disegani mahasiswa lainnya, juga dikenal oleh para dosen.  Mahasiswa yang memiliki integritas tinggi biasanya dapat di percaya, teguh, dan selalu berpegang pada prinsip yang benar.

2. Memiliki Karakter yang Kuat

Selain berintegritas tinggi, mahasiswa yang memiliki karakter yang kuat juga biasanya memiliki nilai yang baik. Orang dengan karakter kuat biasanya memiliki sikap proaktif, kooperatif, komunikatif, dan etika yang baik. Sehingga disegani oleh mahasiswa lainnya

3 of 3

3. Berjiwa Profesional

Mahasiswa profesional biasanya pandai mengatur waktu untuk belajar, berorganisasi, bahkan saat ia harus bekerja sekalipun. Mahasiswa yang memiliki jiwa profesional biasanya memiliki nilai tinggi karena biasanya ia sudah merancang masa depannya sedemikian rupa sehingga akan mempersiapkannya yang terbaik sejak ia kuliah.

4. Memiliki Jaringan dengan Banyak Orang

Salah satu nilai tambah saat kita mengikuti organisasi di dunia perkuliahan adalah memiliki kenalan yang luas dan beragam latar belakang, sehingga memudahkan kita saat mulai memasuki dunia kerja. Orang yang memiliki banyak kenalan biasanya memiliki nilai tinggi, karena ia merupakan tipe orang yang mudah bergaul dan akan disenangi dosen.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap