Begini Rahasia Mendisiplinkan Anak Tanpa Cubitan dan Teriakan

Oleh Liputan6.com pada 13 Mar 2018, 16:15 WIB
[Bintang] Ilustrasi Stres pada Anak

Liputan6.com, Jakarta Tanpa suara keras, cubitan dan hukuman fisik, aktor Korea Selatan ini berhasil mendisplinkan anak-anaknya. Cara Song Ilkook mendidik anaknya ini bisa Anda jadikan contoh baik.

Ketiga anak kembarnya itu bernama Daehan, Minguk, dan Manse. Jika ketiga nama anak laki-lakinya ini dibaca bersamaan, artinya adalah "Long Live the Republic of Korea."

Pada suatu siang, Daehan berteriak kencang, lantaran Minguk melempar mainan.

Dengan tenang, sang ayah kemudian menghukum anak-anaknya. Tidak ada suara keras memarahi, tidak ada cubitan, apalagi pukulan.

Rahasia sang aktor adalah kursi berpikir.

Sadar melakukan kesalahan, Daehan dan Minguk kemudian membawa kursi berpikir mereka ke dalam kamar tidur sambil menangis. Kedua anak ini disuruh berpikir selama lima menit.

Tak lupa, Song Ilkook menasihati keduanya untuk tidak berteriak dan melempar mainan. Lihat apa yang terjadi setelah 5 menit. Anda akan takjub!

Awalnya, Song Ilkook mengaku marah. "Namun, begitu melihat mereka duduk, mereka sangat manis," katanya.

Video tersebut juga dibagikan netizen Indonesia. Berikut videonya.

 

1 of 2

Psikolog Puji Cara Song Ilkook Disiplinkan Anak

Aktor Song Ilkook dan ketiga anaknya pernah membintangi variety show dengan judul The Return of Superman. Nah, di acara tersebut, terkuaklah cara-cara Song Ilkook dalam mendisiplinkan anak.

Dikutip dari Soompi, seorang psikolog anak, Son Suk Han, menilai Song Ilkook benar-benar seorang ayah yang ahli dalam mendisiplinkan ketiga anak kembarnya itu. Salah satu seri The Return of Superman yang dia komentari adalah mengajari anak makan di meja orang dewasa.

Son Suk Han mengungkapkan, ketiga anak itu menunggu sang ayah makan sebelum mereka sendiri memulai makan. "Ini membuktikan, itu (disiplin anak) bukan sesuatu yang tiba-tiba dan baru sekali itu terjadi," jelas Suk Han, seperti dikutip dari laman Soompi.com.

Dalam serial itu, Suk Han juga menilai ikatan persaudaraan ketiga anak laki-laki Song Ilkook terlihat dengan jelas. "Rasa sayang ketiga anak ini luar biasa," jelasnya.

Psikolog ini juga menilai, aktor itu juga mampu merespons dengan baik ketika anak-anak mulai tidak disiplin. "Dia (Song Ilkook) tidak marah dan tidak juga menaikkan suara," jelasnya.

Dengan tenang, Song Ilkook mampu mengajari si anak yang tidak disiplin, di mana letak kesalahan atau pelanggaran.

Sumber: Feed.Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓