Sukses

Kisah Haru, Nenek Renta Naik Turun Bukit Sambil Gendong Kayu Bakar

Di usianya yang akan mencapai 100 tahun, nenek Xie masih kuat menggendong kayu bakar sambil naik turun bukit.

Liputan6.com, Jakarta - Seseorang yang telah menginjak usia senja biasanya akan menghabiskan masa tua dengan bersantai di rumah sambil bermain dengan cucu-cucunya, karena tubuh para lansia tentu sudah tidak kuat untuk menjalani aktivitas yang berat. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi nenek dari Tiongkok bernama Xie Laoya.

 

Dilansir dari laman english.cctv.com, di usianya yang akan mencapai 100 tahun, nenek Xie masih aktif bergerak dan melakukan berbagai aktivitas layaknya anak muda. Menariknya lagi, nenek ini masih kuat menggendong kayu bakar sambil naik turun bukit.

Mengenai nenek Xie, ia merupakan seorang nenek yang tinggal di Desa Longshan, Guangxi, Tiongkok. Di daerah di mana ia tinggal, ia dinyatakan sebagai orang tertua. Usianya yang mencapai satu abad tetapi kekuatan fisiknya masih mengesankan, menjadikannya sebagai seseorang yang dibanggakan dan dihargai di sana.

Nenek Xie juga disebut-sebut sebagai penduduk paling sehat di desanya. Sehari-hari, nenek Xie bekerja di ladang. Meski tanpa alas kaki dan pakaian khusus, ia selalu pergi ke ladang. Sesekali ia juga pergi ke hutan untuk mencari kayu bakar. Tak tanggung-tanggung, kayu yang ia gendong memiliki berat mencapai 30 kg.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Setiap hari, ia juga berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyapu dan masak dengan sebaik mungkin. Lantas, apa rahasia nenek Xie sehingga ia masih memiliki tubuh sehat serta kuat di usianya yang sudah tidak muda lagi?

Menurutnya, agar panjang umur dan sehat, caranya sangat sederhana. Ia hanya perlu hidup sederhana, bahagia, rajin dan selalu berbuat baik ke siapa saja.

Nenek Xie menambahkan, ia harus menyatu dengan alam dan membiarkannya mengatur segalanya. Wah, salut dengan nenek Xie ya ladies. Tetap sehat dan bahagia selalu nek.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.