Sukses

6 Fakta The Shape of Water, Pemenang Film Terbaik Piala Oscar 2018

The Shape of Water menjadi pemenang kategori Film Terbaik di perebutan Piala Oscar 2018. Berikut 6 fakta menarik tentang film dengan 13 nominasi Oscar tersebut.

Liputan6.com, Jakarta The Shape of Water berhasil meraih Piala Oscar 2018 kategori Film Terbaik dalam ajang Academy Awards ke-90. Berkat kemenangan ini, The Shape of Water berhasil menaklukkan lawan-lawan tangguhnya seperti Get Out, Lady Bird, dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri yang menjadi favorit banyak pencinta film.

Film yang disutradarai Guillermo del Toro ini memang mendapat banyak pujian dan sudah meraih sejumlah piala termasuk di Golden Globe 2018. Sejak awal, memang banyak yang memperkirakan The Shape of Water meraih banyak nominasi dan penghargaan.

Meski tak mendapatkan gelar Film Terbaik di ajang Golden Globe 2018, film drama-fantasi ini disebut-sebut sebagai film terbaik del Torro setelah Pan’s Labyrinth. The Shape of Water juga menampilkan akting terbaik dari para pemeran utamanya seperti Sally Hawkins, Michael Shannon, Richard Jenkins dan Octavia Spencer.

The Shape of Water sudah dirilis pada Desember 2017 lalu dan cukup sukses meski bukan termasuk film box office yang meraih pemasukan ratusan juta dolar. Berikut ini ada enam fakta menarik seputar film The Shape of Water yang mendapatkan 13 nominasi di ajang Oscar 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Rekor The Shape of Water

Dengan 13 nominasi yang didapat di Oscar 2018, The Shape of Water menyamai rekor nominasi terbanyak yang sebelumnya dipegang oleh dua film yaitu Forrest Gump dan The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring.

Hasilnya, dua film itu masing-masing memenangkan 6 dan 11 piala. The Shape of Water sendiri memperoleh empat penghargaan dalam Piala Oscar 2018, yaitu Sutradara Terbaik, Desain Produksi Terbaik, Skoring Musik Orisinal Terbaik, dan yang paling bergengsi, Film Terbaik.

3 dari 7 halaman

Kisah Cinta The Shape of Water

The Shape of Water menghadirkan kisah yang unik yaitu tentang seorang wanita bisu. Wanita itu kemudian jatuh cinta dengan manusia ikan yang sedang dikurung untuk sebuah eksperimen dalam laboratorium rahasia milik pemerintah.

4 dari 7 halaman

Pemain The Shape of Water

Dari 13 nominasi yang didapatkan The Shape of Water di Oscar 2018, tiga di antaranya adalah di kategori akting. Mereka adalah Sally Hawkins (Aktris Utama Terbaik), Richard Jenkins (Aktor Pendukung Terbaik) dan Octavia Spencer. Ini menandakan kalau The Shape of Water jadi ‘pameran’ kehebatan akting para pemainnya.

5 dari 7 halaman

Sutradara The Shape of Water

Guillermo de Toro sudah menyiapkan The Shape of Water sejak 2011 dan butuh waktu sembilan bulan untuk menciptakan karakter makhluk ikan/amfibi dengan mengambil ide dari sejumlah film klasik. Del Torro juga sempat membuat laboratorium khusus untuk menyiapkan film ini.

6 dari 7 halaman

The Shape of Water dan Sally Hawkins

Guillermo del Toro mengakui bahwa Sally Hawkins adalah pilihan utamanya dalam memerankan karakter utama di The Shape of Water, Elisa Esposito. Saat menulis naskahnya bersama Vanessa Taylor, del Torro bahkan sudah membayangkan sosok Hawkins yang akan berperan sebagai Elisa.

7 dari 7 halaman

Format The Shape of Water

Awalnya, Guillermo del Toro ingin menayangkan The Shape of Water dalam format hitam-putih agar terasa lebih dramatis. Namun, hal itu batal dilakukan karena keterbatasan biaya. Hasilnya ternyata tetap luar biasa dan meraih 13 nominasi di Oscar 2018.

 

Reporter: Henryhens

Sumber: Bintang.com

Saksikan video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.