Sukses

6 Kuliner Legendaris Khas Surabaya yang Tetap Eksis, Apa Saja?

Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Timur, Surabaya hampir memiliki semua kuliner favorit dari seluruh daerah di Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Surabaya dikenal dengan kota pahlawan. Padahal Surabaya juga boleh dikenal dengan kota surga kuliner dari Jawa Timur.

Sebagai pusat pemerintahan provinsi Jawa Timur, Surabaya hampir memiliki semua kuliner favorit dari seluruh daerah di Jawa Timur. Sebagai kota yang keren, Surabaya kini memang berbeda karena banyak dibangun ruang terbuka hijau bagi masyarakat yakni taman kota. Surabaya kini juga telah bertransformasi menjadi Smart City.

Meski sudah tersentuh dengan teknologi dan perkembangan zaman, Surabaya tetap mewariskan kuliner khas yang wajib kalian coba ketika mengunjunginya.

Berikut enam kuliner Surabaya paling legedaris yang sayang untuk kalian lewatkan. Bukan hanya lezat, namun dari kuliner Surabaya inilah kalian bisa mengenang perjalanan kalian di kota Pahlawan dengan lebih mudah.

1. Nasi Goreng Jancuk

Kalau di Kebon Sirih, Jakarta, ada nasi goreng Kambing, di Surabaya ada Nasi Goreng Jancuk. Nasi goreng Jancuk ini sangat populer di Surabaya karena porsinya yang lebih banyak pada umunya juga tingkat kepedasannya yang melebihi batas normal.

Kuliner Surabaya memang frontal-frontal pedasnya, seperti karakter arek-arek Suroboyo yang dikenal berani pantang mundur. Buat yang lambungnya lemah iman, lebih baik mundur saja karena porsi nasi goreng Jancuk ini menggunakan setengah kilo cabai. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Nasi Krawu

Nasi Krawu ini sebetulnya berasal dari Gresik. Ya, segala jenis kuliner nasi dari Jawa Timur selalu khas dengan surundengnya. Nasi Krawu juga menggunakan taburan surundeng, selain surundeng nasi Krawu diberikan lauk seperti semur daging, jeroan sapi dan sambal terasi istimewa.

3 dari 6 halaman

3. Nasi Rawon Setan

Bahan utama rawon adalah kluwak atau kluwek. Jadi, kuahnya memang kental menghitam. Namun rasanya bikin kalian merem melek. Selain kuah pedasnya yang nikmat, juga daging sapi serta kikilnya yang kenyal-kenyal.

Rawon sudah menjadi trade mark Surabaya. Tidak makan rawon rasanya belum sah ke Surabaya. Jangan sampai melewatkan kuliner khas Surabaya ini ya.

4 dari 6 halaman

4. Lontong Balap

Lontong balap ini juga salah satu kuliner khas Surabaya yang paling legendaris. Kuah segarnya bikin lidah bergoyang. Lontongnya disajikan setelah terlebih dahulu dipotong-potong kemudian dicampur dengan tahu khas Surabaya dan tauge yang berlimpah.

Nah, kuahnya ini yang menjadikan cita rasa lontong balap sulit untuk dilupakan. Seperti melupankan mantan.

5 dari 6 halaman

5. Tahu Campur

Hampir semua kuliner Surabaya menggunakan tahu. Misalnya seperti terdapat pada lontong balap dan tahu tek. Namun tahu campur ini berbeda.

Yang membedakan tahu campur adalah perpaduan daging sapi dan perkedelnya. Supaya lebih segar, tahu campur ditambah dengan selada. Taburan kerupuk dan tauge semakin membuat tahu campur semakin semarak.

6 dari 6 halaman

6. Tahu Tek

Memang tekstur tahu tek Surabaya sekilas mirip dengan tahu gejrot Cirebon. Hanya saja tahu tek dipadu padankan dengan lontong dan kentang. Taburan tauge sudah semacam topping wajib dalam setiap kuliner Surabaya. Yang membedakan adalah siraman kuah petis udang atau ikan yang bikin segar lidah. Terakhir, kerupuk selalu menjadi yang terakhir untuk melengkapi hidangan legendaris tahu tek Surabaya ini.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/10-kuliner-legendaris-surabaya/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.