Gua Batu Cermin, Indahnya Wisata Labuan Bajo yang Manjakan Mata

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Mar 2018, 12:00 WIB
Diperbarui 05 Mar 2018, 11:13 WIB
Gua Batu Cermin Labuan Bajo

Liputan6.com, Jakarta - Labuan Bajo memang selalu menjadi perburuan wisatwan lokal maupun mancanegara. Bahkan salah satu tempat wisatanya kini tengah menjadi perbincangan viral pelancong.

Gua Batu Cermin Labuan Bajo seolah menyimpan sejuta pesona ini harus kamu kunjungi secepatnya. Gua terowongan yang berada di Bukit Batu, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Flores ini memiliki luas kurang lebih 19 hektar dengan tinggi sekitar 75 meter.

Sebelum menjadi tempat wisata yang ciamik seperti sekarang ini, dulunya Gua Batu Cermin ini berada di bawah permukaan laut. Karena air laut yang telah surut, kini sang Gua berada di atas permukaan laut dan juga memiliki dinding-dinding Gua yang indahnya bukan main.

Dengan menyajikan keindahan alam yang luar biasa, Flores, Labuan Bajo ini memang memiliki pemandangan pantai dan panorama alam pegunungan yang tak boleh terlewatkan, ditambah lagi jika berkunjung ke Gua Batu Cermin yang indahnya bisa membuat mata kamu berkaca-kaca.

Gua Batu Cermin itu dikelilingi hutan dan pepohonan yang hijau. Di dalamnya benar-benar sangat indah sekali. Ditambah lagi dengan kehadiran fauna yang khas berada di kawasan Indonesia Timur.

 

2 of 3

Selanjutnya

Gua Batu Cermin Labuan Bajo
Gua Batu Cermin Labuan Bajo (aku_tj)

Untuk bisa sampai ke gua tersebut tentunya tidaklah mudah. Setibanya di lokasi, kamu masih harus masuk ke dalam gua dengan jarak kurang lebih 20 meter dengan akses dan rute perjalanan yang sempit yang memiliki panjang kurang lebih 200 meter di dalam gua.

Selain akses masuk yang terbilang cukup sulit, untuk bisa berfoto dan masuk ke dalam gua tersebut, kamu juga harus bergantian kepada para pengunjung lainnya.

Para pengunjung yang ingin melihat-lihat isi gua juga akan dibatasi hanya 10 orang setiap kunjungan dengan waktu kurang lebih 30 menit.

Meskipun berada di dalam gua, nyatanya udara yang akan kamu temui sangat sejuk dan menyegarkan. Jika nanti kamu berkunjung, jangan heran jika semakin sedikit cahaya yang akan kamu temui ketika sedang berada di dalam gua.

Banyak sekali hal yang bisa kamu lihat dan temui, mulai dari beberapa fosil dan spesies peninggalan zaman dahulu kala yang ditemukan dan juga diteliti langsung oleh Theodore Verhove.

Semuanya bisa langsung kamu lihat dan saksikan sendiri pada dinding gua. Menurut para penjaga setempat, keberadaan fosil koral, karang, penyu, kura-kura dan serta ikan laut lainnya ini dikarenakan dulunya Gua ini berada dibawah laut.

 

3 of 3

Selanjutnya

Pantau Perkembangan 3A, Kemenpar Kunjungi ASDP Labuan Bajo NTT
Genjot Wisman, Kemenpar Boyong Jurnalis Jepang Famtrip Bali dan Labuan Bajo

Tak perlu bingung untuk bisa sampai ke Gua Batu Cermin, kamu hanya tinggal bertanya kepada penduduk sekitar. Karena, lokasi ini sangat gampang dijangkau. Jika kamu baru sampai di bandara Labuan Bajo, kamu bisa mengambil jalan menuju Gua Batu Cermin dengan menggunakan jasa angkutan umum. Kamu akan bertemu dengan angkot berwarna biru yang akan membawa kamu langsung sampai tempat tujuan.

Hal yang perlu diperhatikan jika berada di Gua Batu Cermin nanti yaitu jangan lupa untuk menggunakan helm dan membawa senter. Karena tempat ini cukup gelap dan tidak ada lampu sama sekali, kecuali cahaya matahari yang masuk menerobos gua-gua indah ini.

Untuk para pengunjung yang tertarik datang ke Gua Batu, kamu akan dikenakan biaya masuk mulai dari Rp 20.000 per orangnya. Biaya tersebut sudah termasuk dengan helm yang akan dipinjamkan oleh para penjaga.

Jika sudah sampai, jangan lupa untuk mengabadikan momen yang super keren dari dalam maupun sekeliling Gua ya.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/menyusuri-wisata-gua-batu-cermin-labuan-bajo-yang-indahnya-bikin-ketagihan/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓