Sukses

Cara Registrasi Ulang Kartu SIM Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren

Beda operator berbeda pula cara registrasi ulang kartu SIM. Bagi kamu pengguna kartu SIM Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren, simak langkah-langkah berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Waktu registrasi ulang kartu SIM akan berakhir hari ini, 28 Februari 2018. Sudahkah kamu melakukan registrasi ulang kartu SIM-mu?

Mulai dari 28 Februari 2018 hingga 30 hari ke depan, pengguna yang tidak melakukan registrasi akan terkena blokir layanan SMS dan panggilan keluar. Jika dalam 15 hari selanjutnya belum juga melakukan registrasi ulang kartu SIM, akan dilakukan pemblokiran SMS dan panggilan masuk.

Secara garis besar, registrasi ulang kartu SIM dapat dilakukan melalui SMS, menu UMB, atau situs web. Cara registrasi ulang pun dibedakan untuk pelanggan baru dan pelanggan lama.

Masing-masing operator punya cara berbeda dalam registrasi ulang kartu SIM. Bagi kamu pengguna kartu SIM keluaran Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren, simak langkah-langkahnya berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Telkomsel

Bagi kamu pengguna kartu Telkomsel, baik simPATI, kartu As atau kartu Loop yang masih bingung bagaimana cara registrasi kartu SIM, berikut ini caranya.

Pelanggan lama

Registrasi ulang melalui layanan SMS ke nomor 4444 dengan mengetik pesan: ULANG NIK#Nomor KK#.

Pelanggan baru

Bagi kamu pelanggan baru, cukup kirim SMS ke nomor 4444 dengan cara mengetik pesan REGNIK#KK#.

Registrasi via web

Kamu juga dapat melakukan registrasi kartu SIM melalui web dengan mengakses tautan ini.

GraPARI Virtual dan Aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel juga menyediakan berbagai layanan agar pelanggan mudah melakukan registrasi, yakni menu akses *444#, Call Center 188, mesin pelayanan mandiri MyGraPARI, layanan GraPARI Virtual (virtual assistance melalui LINE, Facebook Messenger, Telegram), web dan aplikasi MyTelkomsel, serta pusat pelayanan pelanggan GraPARI.

 

3 dari 6 halaman

XL

Pelanggan lama

Ketik SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK lalu kirim ke nomor 4444

Pelanggan baru

Ketik SMS dengan format Daftar#NIK#Nomor KK lalu kirim ke nomor 4444

XL Center

Selain SMS, kamu juga dapat melakukan pendaftaran ulang dengan mengunjungi XL Center terdekat. Tak hanya melakukan pendaftaran, kamu juga dapat melakukan konsultasi terkait registrasi ulang di XL Center.

Registrasi via Web

Bagi kamu yang memilih mendaftarkan kartu SIM melalui internet juga dimungkinkan. XL sudah menyediakan situs khusus untuk melakukan registrasi kartu SIM dengan membukanya di tautan ini.

Apabila kamu masih ragu apakah sudah melakukan registrasi kartu SIM, dapat pula mengeceknya. Operator yang identik dengan warna biru itu memberikan opsi melakukan panggilan ke *123*4444# untuk melakukan pengecekan.

 

4 dari 6 halaman

Indosat

Pelanggan lama

Bagi kamu yang sudah menggunakan kartu SIM Indosat dan pernah melakukan registrasi pada awalnya, bisa langsung mengetikkan SMS dengan format: ULANG#16 digit NIK#16 digit nomor KK# lalu kirim ke nomor 4444

Pengguna baru

Lalu bagaimana dengan untuk pengguna baru Indosat? Caranya tidak jauh berbeda dengan pelanggan lama, di mana pengguna mengirimkan data NIK dan KK ke 4444.

Bedanya, pengguna baru cukup mengetikkan format 16 digit NIK#16 digit nomor KK.

Registrasi via Web

Tak hanya sebatas format SMS, perusahaan juga mempermudah pelanggan dengan fasilitas registrasi kartu SIM via web dengan klik tautan ini.

Sambangi Galeri Indosat

Bagi yang bingung atau mengalami masalah saat melakukan registrasi kartu SIM, kamu bisa langsung menyambangi Galeri Indosat terdekat.

Hanya saja, pastikan kamu untuk membawa dokumen asli KTP dan KK untuk diserahkan kepada petugas yang akan membantu proses registrasi kartu SIM.

Perlu diingat, layanan registrasi kartu SIM ini tidak akan dipungut biaya alias gratis.

 

5 dari 6 halaman

Tri

Pelanggan lama

ULANG#NIK#NomorKK# dan kirim ke 4444.

Pelanggan baru

NIK#NomorKK#  dan kirim ke 4444.

Registrasi via Web

Untuk melakukan registrasi secara online, kunjungi situs resmi Tri lewat dengan klik tautan ini.

Memeriksa status nomor

Bila ingin memeriksa status nomor yang telah didaftarkan, klik tautan ini.

 

6 dari 6 halaman

Smartfren

Pelanggan Lama

Ketik SMS dengan format ULANG#NIK#NomorKK# dan kirim ke nomor 4444.

Pelanggan Baru

Ketik SMS dengan format NIK#NomorKK# dan kirim ke nomor 4444.

Datang ke Gallery Smartfren

Pengguna juga dapat mengunjungi Gallery Smartfren atau retail outlet untuk melakukan pendaftaran ulang.

Registrasi via Web

Selain itu, Smartfren juga sudah menyediakan layanan registrasi kartu SIMmelalui website yang dapat dibuka di tautan ini.

Bagi pengguna mifi Smartfren, cara pendaftaran hanya dapat dilakukan melalui situs web Smartfren. Pengguna dapat melakukannya melalui tautan yang sudah disediakan di atas.

Sebagi tambahan, pengguna juga harus menyiapkan kode verifikasi untuk melakukan pendaftaran. Nantinya, pengguna dapat memilih salah satu kode verifikasi yang dapat diakses:

1. PUK, yaitu 8 digit angka yang terdapat dibelakang cangkang kartu

2. Kode aktivasi, yaitu 5 digit angka yang terdapat didalam box perangkat

3. Kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui SMS

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.