Sukses

Lakukan Yoga Sambil Menyusui, Ibu Ini Tuai Kritik Netizen

Carlee Benear, sering melakukan aksi yoga sambil menyusui anaknya, hal ini rupanya menuai kritikan pedas netizen.

Liputan6.com, Jakarta Menyusui anak setelah melahirkan hingga berusia dua tahun memang tugas seorang ibu. Menyusui memang satu hal yang mungkin melelahkan, tapi jika anak sudah menangis minta susu apalagi jika sedang bepergian di tempat umum, maka mau tak mau ibu harus mencari tempat tertutup dan segera memberikannya.

Namun pernahkah Anda melihat seorang ibu yang menyusukan anaknya sambil berlatih yoga? Mungkin belum ya, tapi ibu satu ini sudah melakukannya. Bukannya dapat pujian ibu ini malah ramai dikritik oleh para netizen.

Carlee Benear, pelatih yoga sekaligus seorang ibu yang berasal dari Texas, AS memilih untuk menyusui anaknya dengan cara yang dianggap orang tidak konvensional, yakni menyusui sambil beryoga. Hal itu dilakukannya untuk membantu mengatasi depresi pascamelahirkan anak keduanya.

Benear pun mendokumentasikan metode inovatifnya itu di akun Instagram @carleebyoga, ia bahkan mengklaim aksinya itu membuat ia sempat menjuarai salah satu kompetisi menyusui kreatif di Texas. Setelah menderita depresi pascamelahirkan, Benear melakukan latihan untuk membantu kesehatan mentalnya dan mengubah kemampuannya untuk menjadi ibu yang baik bagi ketiga anaknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikritik

Menurut situs Independent, Benear secara teratur mengunggah gambar dan video dirinya saat menyusui anaknya sambil melakukan yoga, hingga kini Benear sudah memiliki sebanyak 63.200 pengikut di instagramnya.

Beberapa komentar memang terkesan dan memuji aksinya dengan mengatakannya sebagai ibu "cantik" dan "memberdayakan", namun yang mengkritik aksinya jauh lebih banyak. Sebagian mengatakan Benear sengaja berlama-lama menyusui putrinya yang berusia 18 bulan itu, sementara yang lain menyebut tekniknya tidak pantas dilakukan, bahkan beberapa orang menuduh tindakannya tersebut sebagai pornografi anak.

"Jika anak Anda bisa menghampiri Anda dan mengisap puting susu Anda, anak itu mungkin sudah terlalu tua untuk menyedot puting susu, Ya Tuhan... apa yang sedang terjadi," komentar satu pengguna di postingannya baru-baru ini.

"Ini seperti wanita yang telah melangkah jauh untuk membuat orang menerima ketelanjangan dan menyusui sehingga mereka kehilangan akal dalam prosesnya," timpal pengguna lainnya.

"Ini tidak tepat," tambah yang lain.

"Saya mengerti bahwa dia menyusui anaknya dan tidak masalah jika hanya sekali, tapi pertama dia terus-menerus mempostingnya secara online di situs web yang seharusnya tidak mengizinkannya, dan nomor dua, anak ini berusia di mana ibunya seharusnya berhenti menyusui. Jadi saya berasumsi dia memaksa anaknya mengisap dadanya,” komentar pengguna lainnya juga.

Tapi Benear sepertinya ingin membuktikan bahwa dia adalah seorang juara sejati yang mencintai diri serta anak-anaknya. Ibu tiga anak ini tidak terhalang oleh kritik dan terus saja mengunggah video dan gambar yang menurutnya inspiratif.

3 dari 3 halaman

Dapat Dukungan

Sementara pemilik dan editor Breastfeeding Support, Philippa Pearson-Glaze, mendukung kegiatan yang dilakukan Benear tersebut. Menurutnya seorang balita bisa menyusui dalam segala macam posisi dan situasi dalam kehidupan normal, yang dilakukan Benear ini hanyalah variasi baru.

"Ada banyak manfaat kesehatan bagi ibu dan anak saat menyusui," katanya.

"Fakta bahwa Carlee kadang-kadang melakukan yoga saat menyusui tidak berbeda dengan menyusui saat mengobrol di telepon atau menyusui di depan keyboard, meski pastinya lebih tidak biasa,” tutup Philippa.

Penulis: 

Dhita Koesno

Forum Liputan6.com  

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email: Forum@liputan6.com

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.