Sukses

Alat Ini Buatmu Bisa Mengecas Ponsel dengan Menari dan Bertepuk Tangan

Ilmuwan telah menemukan cara mengecas ponsel hanya dengan menari dan bertepuk tangan

Liputan6.com, Jakarta - Para ilmuwan kini telah menemukan cara untuk mengecas ponsel Anda hanya dengan bertepuk tangan atau bahkan menari. Teknologi ini didasarkan pada triboelektrik.

Berkat teknologi ini, Anda dapat menghasilkan listrik sendiri lewat gerakan dan getaran. Energi itulah yang kemudian dapat digunakan untuk mengecas ponsel Anda.

Peneliti dari Clumber Nanomaterials Institute (CNI) menciptakan ultra-simple triboelectric nanogenerator atau U-TENG pada tahun 2017. U-TENG adalah perangkat mungil yang terbuat dari plastik dan pita yang menghasilkan listrik saat kedua bahan itu disatukan.

Energi listrik yang dihasilkan oleh tepukan tangan atau gerakan kaki, kemudian terdeteksi oleh kabel, sirkuit eksternal, dan kemudian disimpan dalam kapasitor atau baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Penemuan ini kini memiliki versi nirkabel yang disebut W-TENG yang menggunakan kombinasi teflon dan serat multi bagian yang mengandung graphene bahan ultra tipis. W-TENG bahkan memiliki kapasitas maksimal 3.000 volt dan mampu menghasilkan medan listrik yang bisa mentransmisikan energi hingga tiga meter.

"Alat ini tak hanya memberikan Anda energi, tapi juga bisa menggunakan medan listrik seperti remote yang bisa digerakkan," ujar Sai Sunil Mallineni, ilmuwan yang terlibat dalam peneliti tersebut seperti dilansir dari Nextshark.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa Anda dapat menggunakan medan listrik W-TENG sebagai tombol untuk membuka pintu garasi, atau bahkan mengaktifkan sistem keamanan tanpa baterai atau kabel. Kini, selain melakukan pembicaraan dengan mitra industri untuk menghasilkan teknologi praktis, para tim peneliti itu juga tengah mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan dari teflon.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.