Sukses

Negara Gersang hingga Miskin, Ini 6 Persepsi Salah Tentang Afrika

Karena selalu terlihat buruk, ternyata negara Afrika tidak seperti yang kita duga.

Liputan6.com, Jakarta - Negara Afrika merupakan negara berkembang yang selalu terlihat buruk di saat negara lain mendokumentasi negara mutiara hitam tersebut. Hal ini membuat kita sebagai orang awam dapat dengan mudah menggambarkan bahwa Afrika merupakan negara yang tertinggal dan terkesan primitif.

Bagi yang memiliki pemikiran tersebut, ternyata selama ini kita salah mendeskripsikan negara Afrika. Ternyata Afrika tidak seperti yang kita bayangkan. Selayaknya sebuah negara, Afrika juga berkembang seiring zaman berkembang dan tidak kalah dengan negara berkembang lainnya.

Berikut 6 persepsi tentang Afrika yang belum tentu benar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Negara yang Gersang

Selama ini banyak film atau dokumentasi yang berlatar di Afrika. Sebagian besar film selalu menggambarkan bahwa Afrika merupakan dataran gersang dan penuh dengan hewan liar.

Nyatanya, di Afrika penuh dengan tempat yang sejuk dan indah dilihat. Tidak hanya itu, Afrika juga memiliki pantai yang indah, hutan, dan tempat sejuk lainnya.

3 dari 7 halaman

2. Kehidupan yang Kurang Mampu

Tidak jarang film atau sebuah berita mengangkat tentang kemiskinan yang ada di Afrika. Banyak orang Afrika hidup di tempat yang kurang layak dan kotor. Sehingga kita bisa mendeskripsikan bahwa negara Afrika merupakan negara yang kurang mampu.

Namun pada kenyataannya, Afrika bukan negara yang kurang mampu seperti yang kita lihat di televisi. Kota-kota di sana berkembang dengan pesat. Perekonomian di sana berjalan dengan benar seperti negara lainnya. Memang ada wilayah yang kurang mampu, namun hanya beberapa saja.

4 dari 7 halaman

3. Negara Konflik

Tidak jarang sebuah media menampilkan konflik yang ada di Afrika. Hal ini membuat orang asing takut akan berwisata ke Afrika karena kehidupan konfliknya. Konflik yang terjadi pun beragam, dari antar suku, hingga antar warga kota.

Namun nyatanya, saat ini konflik yang ada di negara Afrika perlahan mulai reda dan memajukan negaranya.

5 dari 7 halaman

4. Kelaparan

Banyak film atau gambar yang menunjukan bahwa Afrika adalah negara yang dipenuhi oleh orang yang kelaparan. Bahkan tidak sedikit foto yang memperlihatkan orang Afrika sedang berebut makanan.

Namun kenyataannya, kita bisa dengan mudah menemukan berbagai makanan terlebih lagi di sektor pariwisata. Bahkan gerai makanan ternama seperti McDonald sangat mudah ditemukan di negara mutiara hitam ini.

6 dari 7 halaman

5. Ketinggalan Zaman

Tidak sedikit dari kita mengira bahwa Afrika adalah negara yang ketinggalan zaman seperti kehidupan suku yang primitif hingga tertinggal dalam bidang teknologi.

Pada kenyataannya, saat ini 80% warga Afrika sudah memiliki gawai yang memumpuni komunikasi mereka. Tidak hanya itu, di negara ini juga banyak programer terus menciptakan aplikasi untuk gawai.

7 dari 7 halaman

6. Negara Virus

Beberapa tahun belakangan ini, negara Afrika kembali disorot karena ditemukan wabah ebola. Adanya virus ebola yang menyebar di negara ini membuat kita akan merasakan bahwa negara ini merupakan negara yang berbahaya.

Kenyataanya, wabah ebola hanya tersebar di wilayah Sierra Leone, Afrika Barat. Kemudian jika kita juga menjaga kebersihan dan mengikuti tindakan pencegahan, maka kita akan baik-baik saja jika berkunjung ke Afrika. Selain itu juga, fasilitas di rumah sakit yang ada di Afrika tidak kalah dengan rumah sakit di negara lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.