Sukses

Wow, Ada Tokoh Siswi Berhijab Asal Indonesia di Komik Jepang

Berlatarbelakang tentang sisiwi berhijab asal Indonesia yang ingin menunaikan ibadah haji, manga asal Jepang ini terbilang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Komik merupakan salah satu sarana hiburan yang digandrungi kalangan muda hingga dewasa. Di Indonesia sendiri, komik Jepang masih digemari oleh banyak pembaca.

Meski begitu, komik-komik Jepang umumnya selalu menampilkan budaya dan kehidupan sehari-hari mereka. Namun, ada satu komik yang terbilang berbeda yakni tentang karakter gadis berhijab dari Indonesia

Tentunya tema itu terbilang yang langka untuk diangkat dalam sebuah komik Jepang.

Komik karakter siswi berhijab ini dibagikan oleh Taka atau @Iwanpalsu melalui twitter pribadinya pada Rabu (31/1/2018).

 

Dengan bergenre oneshot, "Hari Itu Dunia Berakhir" merupakan judul bahasa Indonesia yang diartikan dari bahasa Jepang. 

Komik itu ditampilkan pada majalah komik Kiss dan menampilkan karakter protagonis seorang siswi berhijab dari indonesia.

Gambaran kisah komik ini menceritakan tentang meteor raksasa yang akan jatuh ke bumi. Sebelum meteor membuat dunia berakhir, siswi berhijab itu ingin naik haji.

"Manga berkisah tentang siswi indonesia yang bermimpi naik haji, dibuat oleh dua komikus kami Jepang yaitu Tsunami Umino (pembuat cerita) dan Shinji Ohara (pembuat gambar)," tulis Taka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketertarikan tentang Islam

Umino merupakan salah satu pengarang komik yang terkenal Jepang yang berjudul 'The Full-Time Wife Escapist'. Karyanya tersebut sempat diadaptasi menjadi drama dan populer di tahun 2016.

Tema tema Islam dalam komiknya merupakan suatu tantangan bagi Umino. Menurut keterangan Taka yang menerjemahkan blog pribadi milik Umino, pengarang tersebut sampai harus meminta bantuan kepada ahli Islam di Jepang.

Bukti keseriusannya ini dia lakukan, agar ia tidak menggambarkan keliru tentang agama Islam. Oleh karena itu, ia sampai berulang kali menulis naskah komiknya bersama dengan para ahli agama Islam.

Meski tidak mudah, tapi Umino melakukan hal itu karena menghargai agama Islam. Tema langka ini tentunya menarik karena latar belakang Islam dan Indonesia jarang diangkat di komik Jepang.

Apalagi beberapa tahun ini, Jepang semakin lebih terbuka dan dekat dengan masyarakat Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk Islam di dunia, Indonesia sempat memberikan perhatian dan rasa ingin tahu tentang Islam oleh masyarakat Jepang.

Bagaimana tanggapanmu terhadap komik ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.