6 Benda di Sekitar Kamu Punya Fungsi Tersembunyi, Apa Saja?

Oleh Yulia Lisnawati pada 07 Feb 2018, 09:00 WIB
Diperbarui 07 Feb 2018, 09:00 WIB
Label di Belakang Sepatu
Perbesar
Label di Belakang Sepatu

Liputan6.com, Jakarta - Dalam beraktivitas sehari-hari, pastinya kamu memerlukan banyak perlengkapan serta benda-benda untuk melakukannya. Tentu benda-benda tersebut memiliki fungsi tersendiri yang memudahkan pekerjaan kamu, kan?

Di samping fungsi utamanya, benda-benda di bawah ini juga memiliki fungsi tersembunyi yang bahkan kamu sendiri mungkin belum mengetahuinya.

Setiap desain yang dimiliki oleh benda-benda di sekitarmu pasti memiliki fungsi tersendiri yang dapat kamu manfaatkan. Berikut beberapa yang tersembunyi dan mungkin belum kamu ketahui, seperti melansir Bright Side.

1. Label di Belakang Sepatu

Pertama ada label di belakang sepatu yang biasa ditemukan pada sepatu yang menutupi hingga mata kaki kamu. Selain untuk mempermudah masuknya kaki, label ini juga punya fungsi untuk mengikat kelebihan tali sepatu atau jadi gantungan saat kamu menjemurnya lo.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Lapisan Karet di Tutup Botol

[Bintang] Tak Butuh Kanvas, Ini 10 Lukisan Kece Ini Dibuat di Tutup Botol!
Perbesar
Melet dan menutup mata. (Via: boredpanda.com)

Pernah minum minuman bersoda? Saat membuka botol, kamu pasti akan menemukan lapisan karet di dalamnya, kan? Nah, ternyata lapisan ini berfungsi untuk menahan gas pada minuman berkarbonasi agar enggak cepat menguap.


3. Lubang Kecil di Gembok

20170503-Gembok Cinta Jembatan Pont des Art Dilelang-AP
Perbesar
Sejumlah gembok cinta dari Jembatan Pont des Art saat dilelang oleh Ville de Paris, Prancis, Rabu (3/5). Gembok-gembok cinta yang akan dilelang itu hasil dari pembersihan tahun 2015. (Jacques DEMARTHON/AFP)

Jika kamu memperhatikan detail pada gembok, pasti kamu menemukan lubang kecil pada bagian bawah. Lubang ini nyatanya berfungsi untuk mencegah uap air agar enggak membuat gembok cepat berkarat pada cuaca lembab.

Nah jika sudah terlanjur macet, kamu bisa memasukan sedikit pelumas pada lubang untuk melancarkan kembali kunci gembok.


4. Tonjolan pada Huruf F dan K di Keyboard

Ini Alasan Ada Tonjolan Kecil di Tombol “F” dan “J” Pada Keyboard
Perbesar
Tonjolan Pada Keyboard Membantu Mengidentifikasi Posisi Tuts (Sumber Foto: grid.id)

Kamu akan menemukan--detail tonjolan pada huruf F dan K--pada setiap keyboard yang kamu gunakan. Fungsinya pun cukup sederhana, untuk memudahkan kamu memposisikan jari pada papan keyboard tanpa harus melihatnya.


5. Lubang di Tangkai Lollipop

Penampilan 6 Jenis Lolipop Berisi Bunga yang Diawetkan
Perbesar
Lolipop unik ini berisikan bunga yang diawetkan dan dapat kamu makan.

Lubang pada tangkai lollipop memiliki fungsi tersembunyi yang sederhana. Karamel panas akan masuk ke dalam lubang dan mengikat permen lollipop. Tanpanya, kamu enggak bisa menikmati manisnya lolipop terus pada tangkainya lo.

Selengkapnya bisa kamu baca di: https://jalantikus.com/gokil/fungsi-tersembunyi-benda-sepele-di-sekitar/

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya