Sukses

5 Unit Kegiatan Mahasiswa Paling Unik, Boleh Dicontoh

Beberapa universitas dari berbagai negara menciptakan kegiatan unik.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi mahasiswa tentu harus sambil menantang diri sendiri untuk ikut kegiatan di luar perkuliahan. Mulai dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi, hingga komunitas tentu menanti untuk diikuti. Memilih kegiatan yang cocok dengan karakter/diri kita merupakan sebuah keharusan, karena jika salah mengikuti kegiatan, tentu bisa berdampak buruk bagi diri kita sendiri.

Jika kamu seorang mahasiswa dan merasa tidak ada satu pun kegiatan di kampus yang cocok dengan dirimu, coba lah memulai suatu kegiatan baru yang unik, yang juga bisa menyesuaikan karaktermu. Seperti lima Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) unik yang berasal dari berbagai kampus di dunia, yang dilansir dari youthmanual.com ini:

1. Happiness Club (Northwestern University)

UKM “Kebahagiaan” di Northwestern University diciptakan dengan tujuan menyebarkan kebahagiaan ke seluruh mahasiswa di kampus. Berbagai kegiatan positif mereka lakukan, seperti mewarnai, membuat positive quotes, membawa umbul-umbul kreatif, hingga memberi senyuman atau free hugs kepada mereka yang membutuhkan dukungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sky-Diving (Virginia Tech)

UKM yang terdengar sangat memicu adrenalin ini merupakan kegiatan mahasiswa yang  mendalami tentang sky-diving. Tanpa mewajibkan seluruh anggotanya melakukan praktek sky-diving, di sini mahasiswa diajarkan teori-teori sky-diving dari yang paling mendasar, hingga melihat video-video anggota lainnya yang telah berhasil melakukan praktek.

3. Mengobservasi Orang (University of Minnesota)

Didirikan pada tahun 2008, UKM ini dianggap sebagai UKM paling kontroversial, sebab kegiatannya yang merupakan ‘kepo-in’ kegiatan orang lain. Pendiri UKM ini David Shaffer mengaku ingin mempelajari soal bagaimana memahami karakter seseorang dan cara berinteraksi dengan mereka.

3 dari 3 halaman

4. Wizards & Muggles (College of William and Mary)

Dari namanya saja sudah bisa ditebak, UKM ini sangat ‘bergaya’ Harry Potter. Kegiatan yang dilakukan para Potterhead di sini mirip dengan Hogwarts, seperti makan malam ala asrama Griffindor, membaca buku-buku fiksi dan sastra, hingga mengadakan pertandingan dengan kampus lain ala Quidditch.

5. Nerd Network (Appalachian State University)

UKM satu ini cocok sekali dengan para karakter nerd alias kutu buku dan semacamnya. UKM ini diciptakan guna para anggotanya menyemangati satu sama lain untuk saling menerima hobi dan karakter unik mereka dengan santai dan terbuka. Nerd Network bahkan mengadakan NerdCon Convention yang dianggap sebagai tempat yang tepat bagi para kutu buku berinteraksi.

 

Penulis:

Alca Octaviani

Universitas Multimedia Nusantara

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini