Sukses

Ramah dan Jinak, Racun Ikan Pari Ternyata Berbahaya Buatmu

Tidak hanya jadi hewan yang akrab dengan manusia, ikan pari juga bisa membunuh

Liputan6.com, Jakarta Memang sangat menyenangkan jika bermain wahana air di laut lepas, apalagi kalau bertemu dengan ikan-ikan kecil yang lucu hingga ikan berukuran sedang seperti ikan pari. Dikenal sebagai ikan yang ramah, maka tidak heran banyak ikan pari yang senang bermain-main dengan manusia.

Namun, baru-baru ini muncul kabar soal Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin yang tersengat ikan pari saat berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, Sabtu (3/2/2018) lalu dan telah menjadi kabar yang menghebohkan.

Pasalnya, kejadian serupa pernah terjadi pada seorang pemburu terkenal bernama Steve Irwin. Ia menjadi sasaran seekor ikan pari dan menyebabkan kematian setelah tersengat racunnya.

Beruntungnya, Menteri Lukman Hakim bisa segera pulih setelah mendapatkan perawatan yang tepat dan cepat. Ya, karena jika tidak segera ditangani, racun dari sengatan ikan pari itu bisa menyebabkan sesak nafas, bengkak, gatal, mual hingga kematian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hilangkan Racunnya dengan Air Liur atau Air Panas

Melansir berbagai sumber, umumnya jika yang tersengat ikan pari adalah bagian kaki, itu bisa disembuhkan. Saat tersengat ikan pari, pertolongan pertama yang bisadilakukan adalah dengan mengoleskan air liur di area luka, atau merendamnya dengan air panas untuk membantu mengeluarkan racun.

Namun, jika yang terkena sengatan ekor ikan pari adalah bagian tubuh lain seperti dada atau perut, kamu harus segera membawanya ke rumah sakit, karena racun itu sangat berbahaya kalau sampai masuk ke rongga dada, perut juga hati karea bisa berakibat fatal dan menyebabkan kematian.

3 dari 3 halaman

Tetap Berhati-hati dan Jangan Sampai Mengganggu

Maka itu, meski ikan pari dikenal sebagai hewan jinak, kamu harus lebih berhati-hati ya dan jangan sampai menginjaknya, karena jika ia terganggu dan terinjak ia akan menyerang siapapun yang berada di sekelilingnya.

**Berita ini sebelumnya sudah pernah tayang di Bintang.com/Lanny Kusumastuti

**Jadilah bagian dari Forum Liputan6.com dengan berbagi informasi terbaru dan unik melalui email:Forum@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini