Sukses

Ilmuwan: Pakai Kacamata Buat Kamu Terlihat Lebih Keren

Penelitian menemukan bahwa orang-orang yang memakai kacamata memang terlihat lebih pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Memakai kacamata kini tidak lagi karena mata yang minus, tapi juga sebagai pelengkap gaya berpakaian. Malahan, banyak orang yang berpendapat kalau seseorang yang memakai kacamata terlihat lebih pintar. Lalu benarkah demikian?

Ternyata hal tersebut sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Scrivens Opticians and Hearing Care. Mereka menemukan bahwa orang-orang yang memakai kacamata berpikir bahwa diri mereka berbeda dan tampak lebih keren ketimbang saat tidak memakai kacamata.

"Hasilnya menunjukkan bagaimana sebuah kacamata sederhana saja dapat mengubah persepsi orang terhadap orang lain. Persepsi ini mungkin berasal dari bagaimana kecerdasan disimbolkan di TV, film, teater, dan sebagainya," ungkap Adrian Ellis, juru bicara perusahaan seperti dikuti dari Ladbible.

Sebanyak 70 persen orang Inggris memakai kacamata. Baik karena memang butuh atau sebenarnya mereka tidak butuh kacamata. Satu dari 10 orang tersebut memakai kacamata sebagai aksesori fashion.

Sebanyak 13 persen orang juga mengakui bahwa mereka iri pada orang yang harus memakai kacamata, sementara 63 persen dari mereka berpendapat mereka terlihat lebih baik dengan kacamata ketimbang tidak memakai kacamata.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Penelitian serupa dilakukan oleh OnePoll.com dan memberikan hasil yang berbeda. Sebanyak 20 persen orang berpendapat bahwa orang yang memakai kacamata terlihat seperti kutu buku yang kuno.

"Orang yang memang butuh kacamata sebaiknya tak ragu memakainya karena ini memperbaiki penglihatan mereka. Jangan khawatir terhadap pendapat orang," pungkas Adrian.

Ia juga menyarankan untuk melakukan tes mata secara teratur untuk memeriksa apakah mereka butuh kacamata atau bahkan minus kacamata mereka bertambah. Tentunya ini juga bermanfaat untuk memantau kesehatan mata mereka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.