Sukses

Pemuda Ponorogo Menang Desain Medali Youth Olympic Games 2018

Muhamad Farid Husein berhasil memenangkan kompetisi desain medali Youth Olympic Games 2018 dan mengalahkan 300 peserta lainnya.

Liputan6.com, Buenos Aires - Pemenang kompetisi desain medali olimpiade internasional (IOC) untuk Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires telah terpilih. Muhamad Farid Husein, pemuda berusia 18 tahun dari Ponorogo berhasil mengalahkan 300 karya dari lebih dari 50 negara dengan karyanya yang diberi judul "Fireworks of Victory."

Desain pemenang Youth Olympic Games 2018 tersebut dipilih oleh dewan juri yang terdiri dari Young Change-Makers, Young Reporters, dan anggota IOC. Ditanya bagaimana perasaannya menjadi pemenang, Farid tak kuasa mengutarakan kebanggaannya.

"Sungguh suatu kehormatan bagi saya menjadi bagian dari Youth Olympic Games. Saya tak dapat menggambarkan bagaimana perasaan saya menjadi perancang medali yang digunakan oleh semua pemenang. Ini adalah kehormatan bagi saya. Impian yang menjadi nyata."

 

Demikian pernyataan Farid seperti dikutip dari laman resmi Olimpiade, Olympic.org. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa desainnya terinspirasi oleh kembang api.

"Kembang api mewakili kegembiraan dan kemuliaan Youth Olympic Games di mana semua bangsa berkumpl menjadi satu untuk berpartisipasi dan merayakannya. Kembang api terbang ke angkasa, menjadi refleksi bagaimana para atlet muda mencapai impian mereka."

 

Anggota Komisi Olahragawan IOC dan anggota dewan juri, Aya Medany mengomentari bahwa desain benar-benar menyentuh hatinya sebagai seorang atlet.

"Yang terpenting adalah merayakannya setelah menang. Tak ada yang lebih baik daripada merayakannya dengan kembang api. Sungguh menakjubkan memiliki pemenang yang seusia dengan peserta Youth Olympic Games."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Termuda yang Menang

Farid menjadi peserta termuda yang memenangkan kompetisi ini sejak diadakan pertama kali pada tahun 2010. Ia diundang untuk menghadiri Youth Olympic Games 2018 di Buenos Aires, termasuk menghadiri Upacara Pembukaan dan menyaksikan siapa tangan pertama atlet yang akan dianugerahi medali yang menampilkan desainnya. Selain itu, ia juga memperoleh satu set medali serta sebuah tablet Samsung.

 

This medal was inspired by the fireworks. In certain events, fireworks is the most awaited moment. Fireworks are something interesting, it's beautiful and it's make the atmosphere more life and memorable. It's same with The Youth Olympic Games, which is the most awaited moment. The moment that can make dreams come true. The moment that always memorable for everyone. Fireworks representing the excitement and the glory of the Youth Olympic Games. Where the all nations come together as one to participate and celebrate with excited and euphoria. Fireworks usually showing up at the celebration. It's representing the celebration of the athlete victory. After a long journey, where it's full of fighting and sacrifices. They deserve to celebrate their victory. Fireworks fly to the sky, give the reflection how the young athlete reaching their dreams. The sparkling fireworks lluminate the sky beautifully. Which is give the reflection of the young athlete from the entire world, although they have a lot differences,they united as one. They give an inspiration and spirits to young generations​ #YouthOlympicGames #BuenosAires2018 #InternationalOlympicComitee

A post shared by Muhamad Farid Husen (@faridhusen_) on

 

Hakim Kompetisi dan Pembuatan Perubahan Muda, Emily A. Yeh berkata bahwa desain Farid memberikan nuansa energik dengan kemungkinan tak terbatas yang juga merupakan apa yang diharapkan oleh para juri dari atlet Youth Olympic Games dan generasi muda.

Selain desain Farid, dewan juri juga memilih 2 desain runner up. Di tempat kedua yakni karya Patrick Nair (20) asal Amerika Serikat dengan judul "Making Waves." Sementara di tempat ketiga merupakan karya Damien Perrin (28) dari Swiss dengan judul "Victory Road."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.