Sukses

Kanker Bukan Halangan, Bocah 9 Tahun Tetap Ujian dalam Perawatan

Bocah itu tetap semangat menempuh ujian meski tengah menjalani perawatan sakit kanker.

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak anak yang berkomitmen dalam menempuh pendidikan. Xu Yuntao adalah termasuk yang sedikit itu. Bocah berusia sembilan tahun itu tetap bersemangat untuk belajar meski dalam pengobatan kanker sekalipun.

Padahal, siswa Sekolah Dasar Changshan itu didiagnosis menderita kanker usus dan harus mendapat banyak perawatan.

Ia baru saja menjalani operasi di Rumah Sakit Anak Zhejiang dan masih dalam perawatan. Ke depannya, bocah itu harus menjalani serangkaian operasi untuk memerangi penyakitnya.

Di tengah rasa sakit kronis dan penurunan berat badan, Xu tetap rajin dengan studinya. Ia meminta sang ibu untuk membawa buku-buku pelajaran dan membacanya apabila rasa sakit dan tidak nyaman mereda.

Melansir dari Asia One, Xu bahkan meminta sang ibu untuk menghubungi gurunya agar membiarkan dia mengikuti ujian akhir yang telah diambil teman-teman sekelasnya. Setelah disetujui, bocah itu pun mengikuti ujian sambil duduk di ranjang rumah sakit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ibunya yang khawatir sempat memintanya beristirahat beberapa kali. Sebab, biasanya bocah itu hanya bisa bertahan dalam posisi duduk selama 20 menit sehari.

Namun siapa sangka, kegigihan anak itu membuatnya mampu menyelesaikan ujian dalam 70 menit dan bisa mendapatkan nilai 95. Dokter yang merawat Xu menggambarkan anak itu sebagai anak yang tangguh dan ramah. Sang dokter juga mengatakan ada kemungkinan anak itu pulih meski sempat kritis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.