Sukses

Lihat Keindahan Bunga yang Bisa Menyala dalam Gelap

Foto-foto bunga yang akan kamu lihat ini tampak seperti bunga-bunga yang berasal dari planet alien. Padahal mereka bunga asli.

Liputan6.com, Jakarta Foto-foto bunga yang akan kamu lihat ini tampak seperti bunga-bunga yang berasal dari planet alien. Warna nampak aneh dan memancarkan cahaya dengan komposisi yang tak pernah kita lihat.

Namun, ternyata bunga-bunga ini adalah kembang yang biasa kita lihat sehari-hari. Seorang fotografer asal Amerika, Craig Burrows, mengambil gambar bunga ini dengan fotografi dalam gelap.

Seperti dikutip dari Wired, Burrows menjelaskan bahwa semua tanaman merefleksikan cahaya. Mereka juga bersifat fluoresens, yang artinya, ketika mereka menyerap sinar ultraviolet, pancarannya tak terlihat oleh mata manusia. Prinsipnya sama seperti poster dengan tinta khusus yang harus dilihat dengan lampu black light. “Bunga-bunga itu benar-benar bercahaya,” kata Burrow.

Untuk mendapatkan gambar bunga-bunga tersebut, dibutuhkan cara khusus, yakni dengan fotografi ultraviolet untuk mengambil gambar cahaya yang dipancarkan tanaman.

Lihat perbandingannya pada bunga sikat botol (Callistemon viminalis) di bawah ini. Gambar di sebelah kiri adalah bunga sikat botol yang biasa kita lihat. Di sebelah kanan adalah bunga sikat botol yang difoto dengan cara unik ini. Bedanya, luar biasa. Lihat juga perubahan 10 bunga lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Bunga mentimun

3 dari 11 halaman

2. Bunga magnolia

4 dari 11 halaman

3. Bunga Amarilis

5 dari 11 halaman

4. Bunga Hawthorne

6 dari 11 halaman

5. Bunga Hollyhock putih

7 dari 11 halaman

6. Bunga pohon silk floss

8 dari 11 halaman

7. Bunga kembang bulan

9 dari 11 halaman

8. Bunga cakar kanguru

10 dari 11 halaman

9. Bunga narcissus

11 dari 11 halaman

10. Kuncup bunga iceplant

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini