Sukses

Nyeri Sendi, Obati dengan 6 Tips Berikut Ini

Beberapa tips berikut dapat membantu meringankan nyeri sendi yang Anda alami.

Liputan6.com, Jakarta Nyeri sendi dapat sangat menganggu. Mengalami sakit sendi saat anda mencoba melakukan sesuatu dapat menjadikannya terasa begitu menantang.

Meski banyak obat yang bisa mengurangi rasa nyeri sendi, beberapa orang memilih beralih ke pengobatan alami dengan harapan mengurangi ketergantungan pada obat berbahan kimia. Beberapa tips berikut dapat membantu meringankan rasa sakit Anda, meski tentu tidak semuanya bekerja pada semua orang.

1. Mencuci piring

Meski ini terdengar menyakitkan, gerakan membersihkan piring akan membantu menjaga tangan dan jemari Anda tetap bergerak.

2. Berjalan tanpa alas kaki

Berjalan tanpa alas kaki dapat mengurangi rasa sakit sebesar 12%. Jika Anda perlu memakai sepatu, pastikan Anda memilih yang desainnya meniru lengkungan dan tumit kaki Anda. Hindari memakai sepatu yang membuat tumit terangkat lebih tinggi. Ini hanya akan membuat nyeri sendi Anda bertambah parah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menambahkan kunyit dalam makanan

Kunyit sangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada pasien arthritis. Anda hanya butuh kurang dari 1 sdt per hari untuk mendapatkan hasil yang sama seperti 800 mg ibuprofen. Anda dapat mencampur kunyit dalam sayuran, nasi, atau makanan lainnya.

4. Berenang

Berenang sejauh ini merupakan latihan dengan dampak rendah terbaik yang bisa Anda lakukan. Air membantu mengurangi dampak pada persendian Anda namun Anda tetap berolahraga dengan baik.

Menjaga sendi Anda bergerak adalah cara penting untuk mengatasi rasa sakit. Jadi pastikan Anda menemukan kolam untuk berenang.

 

3 dari 3 halaman

5. Mengonsumsi jahe

Studi telah menemukan bahwa jahe dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan mengaktifkan respons antiinfalmasi tubuh tanpa efek samping. Anda bisa menggunakan jahe mentah, bubuk, atau dimasak di makanan Anda, atau minum teh jahe. Cara apapun yang Anda pilih dapat membantu meringankan rasa sakit Anda.

6. Kompres dengan teh kamomile

Teh kamomile bukan hanya untuk diminum. Jika Anda memasukkan 4 kantong teh ke dalam secangkir air dan membiarkannya selama 20 menit, Anda dapat menggunakannya untuk meringankan sendi Anda yang sakit.

Caranya, rendam kain bersih ke dalam teh dan oleskan pada sendi yang sakit. Itu akan membantunya terasa lebih baik.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini