Sukses

Apa Itu Selingkuh Mikro dan Tanda Pasanganmu Selingkuh

Sederhananya, selingkuh mikro adalah saat seseorang selingkuh dari pasangannya, tapi cuma sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah dengar istilah terbaru soal selingkuh yang sedang ngetren di internet? Istilah itu bernama selingkuh mikro.

Menurut psikolog Australia Melanie Schilling seperti dikutip dari PopSugar, selingkuh mikro adalah “rentetan tindakan-tindakan kecil yang menjadi indikasi bahwa seseorang membagi perhatiannya (secara emosi atau secara fisik) pada orang di luar hubungannya”.

Menurut Schilling, jenis selingkuh yang ini tumbuh berdasarkan kerahasiaan dan tipu muslihat. Ujung-ujungnya jika dibiarkan, selingkuh mikro bisa tumbuh menjadi situasi selingkuh yang sebenarnya.

Sederhananya, selingkuh mikro adalah saat seseorang selingkuh dari pasangannya, tapi cuma sedikit.

Selingkuh, meskipun sedikit, adalah tetap selingkuh. Tapi masalahnya, selingkuh mikro bisa menyaru jadi tindakan-tindakan yang biasa saja. Menuduh pasangan selingkuh mikro, salah-salah bisa membuatmu nampak seperti orang yang paranoid.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanda-tandanya

Berikut ini tanda-tanda selingkuh mikro yang harus diwaspadai:

1. Berbohong tentang status hubungan. Seperti lagu terkenal “mengaku bujangan kepada setiap wanita, ternyata cucunya segudang”, bibit-bibit selingkuh bisa dilihat jika seseorang tak ingin ketahuan sudah punya pasangan.

2. Terobsesi mengecek aktivitas sosial media lawan jenis yang bukan pasangannyaDia selalu berkomentar di Facebook satu orang tertentu, atau selalu “like” foto di Instagram orang tertentu, itu mungkin bisa jadi tanda-tanda selingkuh mikro.

3. Kontak lagi dengan mantanKontak lagi dengan mantan padahal tidak biasanya, mengingat hari-hari spesial saat bersama mantan, bisa jadi tanda-tanda bahaya. Apalagi, jika mereka berusaha menyembunyikannya

4. Berbagi rahasia dengan lawan jenis di luar hubunganBerawal dari saling curhat dan berbagi rahasia, bisa mulai menumbuhkan rasa, dan inilah dimulainya selingkuh mikro.

Setelah tahu tanda-tandanya, bagaimana cara menghindarinya? Masalahnya, selingkuh mikro ini bisa jadi sangat halus dan tak kentara. Bisa saja, sebenarnya tidak ada apapun yang terjadi.

Huffington Post menulis, hati-hatilah saat menuduh pasangan telah selingkuh mikro. Jangan langsung mengambil kesimpulan dan menuduh.

“Lebih baik jelaskan pada pasangan, apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu ingin dia lakukan. Harus spesifik, bukan hanya menuduh tanpa dasar,” kata Schilling. Misalnya, katakan pada pasangan bahwa kamu tidak suka dia menghabiskan waktu berjam-jam untuk chat di media sosial. Atau, bahwa kamu tidak suka jika pasangan mengumbar emotikon hati di postingan orang lain.

Dengan demikian, kamu mungkin bisa mencegah selingkuh mikro berkembang menjadi selingkuh total secara fisik maupun mental.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.