Tampil di Google Doodle, Ini Karya-Karya Fenomenal Virginia Woolf

Oleh Sulung Lahitani pada 25 Jan 2018, 11:00 WIB
Diperbarui 25 Jan 2018, 11:00 WIB
Tampil di Google Doodle, Ini Karya-Karya Fenomenal Virginia Woolf
Perbesar
Virginia Woolf

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Google Doodle merayakan ulang tahun ke-136 Virginia Woolf. Virginia disebut-sebut sebagai salah satu tokoh sastra modern dari abad ke-20.

Novelis Inggris Virginia Woolf dikenal akan karyanya yang inovatif dan berfokus pada kehidupan karakter yang kompleks. Ia juga dikenal sebagai pelopor penggunaan teknik penulisan "stream of consciousness" sebagai narasi dalam novel-novelnya.

Meski merupakan tokoh penting komunitas sastra London dan menjadi anggota grup Bloomsbury, kisah hidup wanita ini berakhir tragis. Depresi semasa Perang Dunia II membuatnya memutuskan bunuh diri dengan menenggelamkan tubuh di Sungai Ouse pada 28 Maret 1941.

Bagaimana pun, pengaruhnya telah jauh melampaui harapan hidup wanita itu. Ia membantu mendorong kemungkinan struktural sastra dan membuktikan bahwa isi pikiran seseorang dapat menjadi menarik dan membentuk dunia di sekitarnya.

Buku-buku Virginia Woolf secara teratur muncul dalam daftar novel terbesar aba ke-20. Tak salah bila ia kemudian dianggap sebagai arsitek penting dari sastra modern.

 


Karyanya yang terkenal

Virginia Woolf (nappertime.com)
Perbesar
Virginia Woolf (nappertime.com)

Mrs Dalloway dan To the Lighthouse merupakan dua karyanya yang paling terkenal. Dalam Mrs Dalloway, ia menyorot sosok kasus protagonis eponymous dari perspektif seorang Nyonya Dalloway.

Dalam novelnya, Virginia menggunakan narasi arus kesadaran yang menyinari perspektif karakter yang tugasnya biasa-biasa saja. "Nyonya Dalloway mengatakan bahwa ia akan membeli bunga itu sendiri," baris pertama novel tersebut, bahkan menjadi salah satu pembuka paling terkenal dalam literatur Inggris.

 


Karya-karya lainnya

Virginia Woolf
Perbesar
Virginia Woolf, novelis asal Inggris yang dijadikan Google Doodle pada Kamis (25/1/2018). Foto: Google

Virginia Woolf merupakan penulis yang cukup produktif dalam hidupnya. Ia telah menelurkan sembilan buah novel termasuk di antaranya The Voyage Out (1915), Mrs. Dalloway (1925), To the Lighthouse (1927), dan The Waves (1931).

Ia juga melahirkan tiga buku kumpulan cerita pendek, yaitu Monday or Tuesday (edisi 1919), A Haunted House and Other Short Stories (edisi 1944), dan The Complete Shorter Fiction (edisi 1985).

Ia juga pernah menulis karya nonfiksi seperti Modern Fiction (1919), The Common Reader (1925), A Room of Ones's Own (1929), On Being III (1930), dan lain-lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya