Sukses

Tampil di Google Doodle, Ini Karya-Karya Fenomenal Virginia Woolf

Novelis Inggris Virginia Woolf dikenal akan karyanya yang inovatif dan berfokus pada penokohan karakter yang kompleks.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, Google Doodle merayakan ulang tahun ke-136 Virginia Woolf. Virginia disebut-sebut sebagai salah satu tokoh sastra modern dari abad ke-20.

Novelis Inggris Virginia Woolf dikenal akan karyanya yang inovatif dan berfokus pada kehidupan karakter yang kompleks. Ia juga dikenal sebagai pelopor penggunaan teknik penulisan "stream of consciousness" sebagai narasi dalam novel-novelnya.

Meski merupakan tokoh penting komunitas sastra London dan menjadi anggota grup Bloomsbury, kisah hidup wanita ini berakhir tragis. Depresi semasa Perang Dunia II membuatnya memutuskan bunuh diri dengan menenggelamkan tubuh di Sungai Ouse pada 28 Maret 1941.

Bagaimana pun, pengaruhnya telah jauh melampaui harapan hidup wanita itu. Ia membantu mendorong kemungkinan struktural sastra dan membuktikan bahwa isi pikiran seseorang dapat menjadi menarik dan membentuk dunia di sekitarnya.

Buku-buku Virginia Woolf secara teratur muncul dalam daftar novel terbesar aba ke-20. Tak salah bila ia kemudian dianggap sebagai arsitek penting dari sastra modern.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karyanya yang terkenal

Mrs Dalloway dan To the Lighthouse merupakan dua karyanya yang paling terkenal. Dalam Mrs Dalloway, ia menyorot sosok kasus protagonis eponymous dari perspektif seorang Nyonya Dalloway.

Dalam novelnya, Virginia menggunakan narasi arus kesadaran yang menyinari perspektif karakter yang tugasnya biasa-biasa saja. "Nyonya Dalloway mengatakan bahwa ia akan membeli bunga itu sendiri," baris pertama novel tersebut, bahkan menjadi salah satu pembuka paling terkenal dalam literatur Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Karya-karya lainnya

Virginia Woolf merupakan penulis yang cukup produktif dalam hidupnya. Ia telah menelurkan sembilan buah novel termasuk di antaranya The Voyage Out (1915), Mrs. Dalloway (1925), To the Lighthouse (1927), dan The Waves (1931).

Ia juga melahirkan tiga buku kumpulan cerita pendek, yaitu Monday or Tuesday (edisi 1919), A Haunted House and Other Short Stories (edisi 1944), dan The Complete Shorter Fiction (edisi 1985).

Ia juga pernah menulis karya nonfiksi seperti Modern Fiction (1919), The Common Reader (1925), A Room of Ones's Own (1929), On Being III (1930), dan lain-lain.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini